Nama Penulis Husni , Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang
Pesatnya perkembangan kemajuan teknologi telah meningkatkan persaingan antar perusahaan di bidang informasi dan komunikasi dalam menghasilkan produk unggulan yang diminati oleh pelanggan, salah satunya adalah smartphone. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi tren minat pelanggan dalam memilih smartphone second, smartphone low-end, dan smartphone rekondisi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online (google form) dengan target responden mahasiswa dan kuesioner offline dengan target responden pekerja (keamanan, cleaning service, karyawan industri, dll). Metode Proses Hirarki Analitik digunakan untuk mengetahui preferensi alternatif smartphone yang diinginkan oleh responden. Smartphone kelas bawah menjadi pilihan utama responden mahasiswa dan pekerja.
Sumber :
https://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-industri/article/view/12705 referensi
Clinten, B., Pasar Smartphone Bekas di 2019 Tembus 206 Juta Unit, 2020, retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2020/01/23/08070077/pasar-smartphone-bekas-di-2019-tembus-206-juta-unit on 10 Juli 2020.
Pertiwi, W. K., IDC: Oppo Peringkat Pertama Pasar Smartphone Indonesia Kuartal III 2019, 2019, retrieved from https://tekno.kompas.com/ read/2019/11/14/12254257/idc-oppo-peringkat-pertama-pasar-smartphone-indonesia-kuartal-iii-2019 on 10 Juli 2020.