Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Suharbillah

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Penulisan Teks Deskripsi Melalui Penggambaran Laptop Lenovo Legion 5 Pro

Diperbarui: 27 Maret 2023   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Halo sobat pembaca, pada artikel kali ini saya akan memaparkan sebuah teks deskripsi mengenai sebuah laptop kelas atas dari pabrikan Lenovo, yakni Legion 5 Pro. Sebelum memulai narasi utama, saya akan menjelaskan secara singkat terlebih dahulu apa itu teks deskripsi. Dikutip dari buku Menulis Secara Populer karya Ismail Marahimin, deskripsi memiliki makna pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata suatu benda, tempat, suasana, atau kedaaan. 

Dari penjelasan tersebut, teman-teman pembaca pasti sudah mengerti mengapa artikel ini berjudul teks deskripsi. Ya, karena pada artikel ini saya akan menulis sebuah narasi yang menggambarkan suatu benda, yakni Laptop Lenovo Legion 5 Pro.

Berikut adalah narasi dari teks deskripsi mengenai Laptop Lenovo Legion 5 Pro.

Laptop ini memiliki ukuran layar sebesar 16 inci. Bahan untuk bagian LCD cover dan LCD mask dari laptop ini terbuat dari aluminium . Laptop ini memiliki warna silver doff dengan tambahan logo khas Legion di tengahnya. Pada bagian LCD mask, terdapat kamera yang tepat berada di tengah atas. 

Pada bagian top assy laptop ini terdapat beberapa elemen, diantaranya adalah keypad yang terbuat dari bahan plastik solid, tombol power yang berada di bagian tengah atas, touchpad pada bagian bawah yang sedikit condong ke kiri, logo produk Lenovo pada sudut kanan bawah, serta empat buah stiker yang menandakan spesifikasi CPU dan GPU dari laptop ini pada baagian sudut kiri bawah.

Kemudian untuk bagian base assy dari laptop ini terbuat dari bahan plastik polymer berwarna hitam. Pada sisi kanan laptop terdapat port untuk USB type-A 3.2in1 dan camera switch. Lalu pada sisi kiri laptop terdapat port untuk USB type-C 3.2 Gen 2 dan combo jack 3.5 mm. Kemudian pada sisi belakang laptop yang sejajar dengan semua fitur tadi, terdapat berbagai jenis port. Diantaranya adalah port untuk LAN, USB type-C, dua USB type-A Gen 1, USB type-A Gen 1 always on dan port DC-IN.

Laptop ini juga memiliki banyak lubang pada bagian bawahnya, lubang tersebut berfungsi untuk sirkulasi udara yang membuat laptop tetap dalam kondisi dingin dan stabil. Jika dibedah untuk melihat bagian dalamnya, terdapat baterai yang melintang memenuhi panjang dari laptop tersebut pada posisi paling bawah. 

Sedikit di atas baterai, terdapat dua buah slot SSD NVMe yang terletak pada sudut ujung kanan dan kiri. Di antara dua buah slot SSD NVMe tersebut, juga terdapat dua buah slot RAM sodimm dengan tipe DDR5 yang dilapisi oleh pelindung berbahan polycarbonate. Kemudian, untuk posisi teratasnya terdapat dua buah kipas dengan empat heatpipe yang didukung oleh teknologi Legion Coldfront 3.0.

Sekian untuk artikel hari ini mengenai teks deskripsi. Jika terdapat kekurangan dan kesalahan dari penulisan diatas, mohon untuk memberi koreksi melalui laman komentar. Cukp sampai disini dan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline