Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Yusron

saya bekerja sebagai karyawan swasta posisi sebagai admin disala satu perusahan Retail

Perancangan Sistem Informasi dalam Pengembangan Bisnis Online

Diperbarui: 20 Juli 2022   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada tanggal 24 Juni 2022 sampai dengan tanggal 17 Juli 2022 telah terlaksana kegiatan Kerja Praktek di PT Panca Pilar Laksna. Kegiatan ini bertujuan sebagai salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa.

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi telah meningkat pesat. Terdapat banyak algoritma yang tersedia untuk melakukan perhitungan-perhitungan yang membantu proses pengambilan keputusan dan dapat memberikan hasil rekomendasi. 

Pada penelitian ini akan diterapkan suatu metode SAW dalam pembuatan sistem pendukung keputusan. Metode SAW adalah metode Multi Attributes Decision Making (MADM) yang paling sederhana dan paling banyak digunakan. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut (Mufizar & Lestari, 2014).

Pemilihan supplier sangat penting dilakukan untuk dapat meningkatkan rantai pasok yang baik dan mendapatkan kualitas mutu produk yang baik pula. Kinerja supplier yang buruk juga berdampak pada kelancaran dan kualitas produk yang diproduksi. Selama ini perusahaan menilai performa supplier hanya dengan beberapa kriteria saja tanpa 2 mempertimbangkan kriteria lainnya, hal ini berdampak pada ketepatan dalam menilai kinerja supplier untuk perusahaan (Ahmad , 2017).

 Untuk mendorong hal tersebut waroeng SS setiap tahunnya menyelenggarakan pemilihan supplier terbaik, yaitu sebuah kegiatan untuk memilih atau mencari dan memberikan penghargaan (reward) kepada supplier yang berhasil memenuhi standar nilai dengan kriteria yang ditentukan.

Pada penjabaran diatas, pemilihan supplier terbaik tergolong permasalahan yang semi terstruktur, dimana sebagian dari permasalahan ini cukup terstruktur untuk dipecahkan oleh komputer (perhitungan kriteria, perhitungan efisiensi dan lain sebagainya) 

Berdasarkan permasalahan diatas penulis mengambil judul "Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Penghargaan Supplier Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)" yang diharapkan dapat membantu dalam pemilihan pemberian pengghargaan Supplier terbaik dengan akurat.

Melalui penulisan laporan ini, kami berusaha untuk mencoba membuat sistem penunjang keputusan untuk supplier terbaik pada PT. Panca Pilar Laksana.

Dokpri

Dalam melakukan kegiatan KKP dan dilanjutkan dengan membuat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline