Lihat ke Halaman Asli

MUHAMAD FAHRURROZI

Universitas Negeri Padang

Pengabdian Kepada Masyarakat, Optimalisasi Wisata Lokal Pesisir Selatan Melalui Digital Marketing

Diperbarui: 4 Oktober 2024   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian masyarakat melalui wisata lokal, dosen Departemen Pendidikan Nonformal (DPNF) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) selenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Nagari Siguntur Tua, Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) diketuai Muhamad Fahrur Rozi, M.Pd dan beranggotakan Drs. Wisroni, M.Pd (Departemen PNF) dibantu oleh Fitri Dwi Arini, M.Pd serta mahasiswa dari Departemen PNF.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada, 7-8 September 2024 mengangkat tema utama " Optimalisasi Potensi Wisata Lokal Melalui Integrated Marketing Communication (IMC) Rintisan Wisata Edukasi Sarasah Indah Nagari Siguntur Tua Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat".

Dalam sambutannya, Bustamuddin selaku Wali Nagari Siguntur Tua mengatakan bahwa "kegiatan tersebut sangat bermanfaat dalam membekali generasi muda khususnya pokdarwis Nagari Siguntur Tua dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam melakukan branding, menentukan konten dan promosi pada sosial media sehingga diharapkan akan banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri yang mulai berwisata di air terjun sarasah indah".

Rangkaian pelaksanaan kegiatan PKM oleh tim dosen UNP dimulai dengan pemberian materi tentang keterampilan dalam melakukan branding wisata lokal yang dimiliki. Sesi berikutnya, adalah pemaparan materi tentang pengembangan konten media sosial yang menarik dalam mempromosikan wisata sarasah indah oleh Fauzan, S.Pd sebagai konten kreator dalam promosi melalui media digital. Terakhir, kegiatan ditutup dengan outbond bersama anggota pokdarwis yang dilaksanakan tepat di bibir air terjun sarasah indah sebagai upaya dalam meningkatkan kekompakan antar anggota dan pengurus pokdarwis Nagari Siguntur Tua.

Dengan demikian diharapkan, pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menjadi langkah konkrit dalam mendukung pembangunan pariwisata yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pendampingan pada Pokdarwis serta karang taruna dalam mengeksplorasi potensi wisata lokal yang dimiliki dengan efektif dan efisien




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline