Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Rifqi

Mahasiswa aktif ilmu komunikasi

Mengenal Kampus Pertama dan Tertua di Kota Bekasi, Universitas Islam 45 Bekasi

Diperbarui: 12 Desember 2021   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri


Universitas Islam 45 atau biasa disebut UNISMA merupakan universitas pertama, tertua dan terbesar di Kota Bekasi. Universitas Islam 45 telah berdiri sejak tahun 1982. 

Pada awal pendiriannya bermula dari Bupati Bekasi yang sekaligus Ketua Yayasan Pendidikan Islam 45 Bekasi, H. Abdul Fatah mendirikan Akademi Pembangunan Desa (APD). 

Akademi Pembangunan Desa inilah yang kemudian berkembang menjadi cikal bakal berdirinya lembaga Universitas Islam 45 Bekasi. Universitas Islam 45 saat ini telah memiliki 7 fakultas dengan 21 program studi dan 3 program magister.

Ciri khas dari kampus ini ialah tempatnya yang begitu asri dan hijau karena banyak pohon rindang disetiap sudut gedung yang berdiri membuat siapapun merasa betah berada ditempatnya. 

Uniknya kampus ini ialah letaknya berada didekat jalan tol Jakarta-Cikampek yang ketika mahasiswa atau siapapun yang sedang jajan dikantin kampus pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar suara kendaraan dan klakson mobil dari arah jalan tol. Kampus ini memilki gedung fasilitas penunjang yang lengkap sehingga memudahkan mahasiswa dalam mempermudah proses pembelajaran maupun kegiatan UKM. 

Seperti Ukm Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) "Tapak Giri", Sepak bola, Pencak Silat,Bola Basket, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) "Al Ukhuwwah", Lembaga Seni dan Studi Al-Qur'an (Lass-Q), Pusat Studi Islam (PUSI), Teater Mahasiswa "Korek" dan lainnya.

Kampus ini juga mempunyai dasar ilmu agama islam yang kuat, serta nilai-nilai spiritual yang diunggulkan dengan menteladani perilaku Rasullulah Muhammad SAW, yaitu empat sifat-sifat wajib bagi Rasul, yakni Sidiq (benar), Tabliq (menyampaikan), Amanah (dipercaya), Fathonah (cerdas). 

Diwujudkan dalam Iman, Islam dan Ikhsan diimplementasikan dalam kalangan sivitas akademika dan lulusan, sehingga tercermin dalam kehidupan Ulil Albab, menuju UNISMA sebagai Kampus Khairu Ummah -yang senantiasa memberikan contoh tauladan dari aspek akhlak dan jiwa sosialnya serta berjiwa kebangsaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline