Lihat ke Halaman Asli

Muh Akbar

Mahasiswa

Sosialisasi dan Pengenalan Pemanfaatan Teknologi dalam Inventarisasi Aset

Diperbarui: 5 Juni 2024   02:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inventarisasi Masjid Digital dengan Scan BARCODE/dokpri

Perkembangan teknologi digital saat ini telah menghasilkan transformasi signifikan dalam kehidupan manusia. Pemanfaatan teknologi ini membawa berbagai kemudahan, yang bisa memberikan manfaat besar jika dimanfaatkan secara efektif. Dalam berbagai aktivitas, baik dalam konteks pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari, penggunaan sarana dan prasarana bertujuan untuk mempermudah kegiatan tersebut. Masjid Al-Istiqomah, sebagai tempat ibadah dan pusat kegiatan umat Islam di RW 11 Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya, memiliki beragam aset, sarana, dan prasarana yang dikelola oleh pengurus masjid. Untuk mengoptimalkan pengelolaan aset ini, Subkelompok 3 mengusulkan program Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Inventarisasi Aset/Sarana & Prasarana di Masjid tersebut. Program ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengurus saat ini dan di masa mendatang, dengan memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan proses inventarisasi dan pengelolaan aset masjid.

Kegiatan dimulai pada tanggal 19 mei 2024 yang bertempat di Masjid Al-istiqomah, pertemuan tersebut dihadiri oleh pengurus masjid ( termasuk pengurus sinoman) dalam pertemuan tersbut juga dilakukan identifikasi dan inventarisasi aset/sarpras yang dimiliki Masjid Al-Istiqomah yang bertujuan memastikan kondisi aset/sarplas sesuai dengan catatan yang dimiliki oleh pengurus masjid, nantinya hasil inventaris secara manual ini dapat digunakan sebagai informasi awal pada alat inventarisasi yaitu spreadsheet.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, tahapan selanjutnya yaitu dilakukan analisis kebutuhan atas aktivitas (penambahan/pengurangan) maupun perubahan kondisi yang dipergunakan kriteria pada  alat inventarisasi spreadsheet.

Tahapan selanjutnya adalah tahapan yang paling berperan, yaitu Sosialisasi dan Pelatihan penggunaan Spreadsheet,  kegiatan dilakukan pada tanggal 25 mei 2024 bertempat di Masjid Al-istiqomah. Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus masjid dan sinoman. Pada tanggal ini juga memaparkan alat inventarisasi (spreadsheet) dan berdiskusi dengan pengurus apakah media (spreadsheet) tersebut telah cukup mendukung dalam upaya pengelolaan aset/sarana & prasarana masjid. Disamping hal tersebut kelompok 3 juga menyampaikan bahwa hasil laporan pada dashboard/halaman website melalui scan barcode, petunjuk maupun informasi lainyya terdapat pada poster yang juga ditempel pada papan informasi masjid.

Pada program kerja ini dapat disimpulkan bahwa manajamen aset adalah suatu hal yang penting dan perlu dilakukan, hal tersebut untuk mempermudah organisasi dalam mencapai tujuannya, demikian juga dalam organisasi layaknya pengurus masjid, dengan demikian kami berharap apa yang dapat kami tawarkan sebagai solusi alternatif dalam pengelolaan aset dapat bermanfaat untuk saat ini dan di masa yang akan datang.

dokpri

Penulis : Christian Adi Nugroho, Feby Galih Saputra, Muhammad Akbar

Mahasiswa KKN Non Reguler 2 (sub kelompok 3) Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Dosen Pembina Lapangan : Dona Rahayu Sugiharti, SS., M. Hum




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline