Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Desain Interior terhadap Pengguna Perpustakaan

Diperbarui: 17 Agustus 2020   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam Sebuah perpustakaan perlu adanya desain yang  bisa membuat penggunanya nyaman, Dari pengertian desain itu sendiri adalah perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan oleh banyak orang.

Desain interior perpustakaan dilaksanakan dengantujuan untuk pengembembangan perpustakaan dan peningkatan pemanfaatan perpustakaan untuk para peneliti sebagai para pemustaka utama. Dengan desain intierior perpustakaan yang nyaman dan indah diharapkan para pemustaka terutama peneliti dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat belajar dan mengkaji ilmu juga dapat mengefektifkan komunikasi diantara para peneliti, Agar di peroleh ide-ide yang akan menghasilkan suatu penelitian yang berkualitas. Desain interior peranan yang sangat penting dalam sebuah perpustakaan, Dengan membuat pengguna nyaman perpustakaan bisa juga di jadikan sebagai tempat rekreasi.

Selain itu ada 5 aspek desain interior yang wajib di perhatikan :

  • Ukuran ruang
  • Ukuran ruang juga bisa mempengaruhi kenyamanan pengguna, Apabila ruangnya terlalu sempit maka penggunanya tidak akan nyaman.

  • Aksebelitas ruang
  • Semakn sedikit ruang yang diakses maka pengguna merasa tidak nyaman juga, Kecuali ada beberapa saja yang aksesnya dibatasi.

  • Estetika ruang
  • Desain yang digunakan haruslah indah agar bisa memberikan inspirasi bagi pengguna.

  • Tata letak perabot
  • Tata letak perabotan haruslah sesuai standar perpustakaan agar pengguna tidak kesusahan dalam mencari informasi yang dibutuhkan

  • Pewarna ruang
    Pewarna ruang yang indah dan cerah akan membuat pengguna nyaman dan mendapatkan ide yang bagus.

Terlepas dari itu semua standar setiap perpustakaan berbeda-beda, sebagai pengurus dan staf  harus lebih peduli terhadap sekitar mana yang tidak membuat nyaman pengguna. Perpustakaan yang indah akan mendatangkan banyak pengguna.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline