Lihat ke Halaman Asli

M Yusuf

Traveller Blogger Copy writer Conten writer

Langkah-langkah Naik Transportasi Umum di Jakarta

Diperbarui: 16 Juli 2020   05:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://urek2urek.files.wordpress.com

Transportasi umum adalah transportasi massal atau transportasi publik untuk angkutan penumpang yang digunakan oleh masyarakat umum, baik untuk sekolah, bekerja atau untuk aktivitas lainnya, transportasi umum ini dikelola oleh pemerintah ataupun swasta sesuai dengan rute jadwal, harga dan pelayan yang diberikan untuk masyarakat luas. Contoh moda transportasi umum seperti bus kota, taksi, kereta api, dan pesawat terbang. 

Menurut sejarah transportasi sudah ada sejak zaman dahulu seperti yang pertama kereta pos untuk rute tetap antara penginapan dan pelatihan, kedua perahu kuda yang membawa penumpang berbayar dari terusan Eropa, ketiga masyarakat Mesir Kuno menggunakan terusan untuk membawa barang melewati Air Terjun Aswan dari awal Abad 17, ke empat negara Tiongkok membangun terusan untuk transportasi sejauh periode perang yang dimulai awal Abad ke 5 SM.

Moda transportasi umum terdiri dari 3 bagian seperti transportasi udara, transportasi laut dan transportasi darat, di ibukota negara di dunia termasuk DKI Jakarta masyarakatnya sangat tergantung pada transportasi umum walaupun masyarakat mempunyai kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan transportasi umum biayanya lebih murah, cepat, banyak unitnya dan yang paling penting tidak terkena macet di jalanan.

Di semua negara termasuk Indonesia tepatnya di DKI Jakarta transportasi umum memiliki aturan agar operasional dapat berjalan lancar seperti sekarang ini, berikut beberapa langkah yang harus diketahui jika ingin naik transportasi umum.

1.Mempersiapkan Diri

Setiap hari orang melakukan aktivitasnya di luar rumah baik itu untuk sekolah, bekerja dan aktivitas lainnya, Sebelum berangkat harus mempersiapkan diri dari rumah seperti membawa peralatan atau kebutuhan ke tempat tujuan dan yang paling penting mempersiapkan kebutuhan selama naik transportasi umum seperti tiket, kartu bank atau uang cash saat kita hendak berangkat.

2.Masuk Ke Stasiun Atau Halte

Setelah siap berangkat dari rumah, langsung menuju ke stasiun atau halte yang terdekat agar tidak terlalu banyak mengeluarkan uang, masuklah dari pintu masuk yang telah disediakan dan perhatikan aturan serta tata tertibnya, menunggu sesuai tempat yang telah disediakan, sesuaikan jadwal keberangkatan, dan luangkan waktu lebih cepat sampai tujuan ke stasiun atau halte hal ini untuk menghindari berdesakan dengan penumpang lain.

3.Beli Dan Persiapkan Tiket

Seperti point nomor satu apabila sudah mempunyai tiket dari rumah langsung menuju di tempat yang telah disediakan, kalau belum mempunyai tiket sebelum masuk harus membeli tiket di counter yang telah di sediakan seperti mesin tiket atau loket penjualan tiket yang telah di sediakan, sekarang ini di DKI Jakarta hampir semua transportasi umum sudah mengunakan kartu untuk membeli tiket tidak dengan uang lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline