Kepuasan pelanggan artinya taraf keadaan yang dirasakan seorang yg ialah akibat dari membandingkan penampilan atau outcome produk yang dirasakan pada hubungannya menggunakan asa seorang. Konsumen tak akan berhenti hanya hingga proses penerimaan pelayanan. Konsumen akan mengevaluasi pelayanan yg diterimanya tadi. yang akan terjadi dari proses evaluasi itu akan membentuk perasaan puas atau tidak puas. Kepuasan jasa yang dirasakan konsumen di dasarnya merupakan tingkat kepuasan konsumen (customer satisfaction).
Kepuasan pelanggan ialah ukuran buat mengetahui mutu jasa yang ditawarkan serta dapat menaikkan volume penjualan perusahaan. Hal tadi berarti Bila kepuasan konsumen tercapai berarti pula mutu pelayanan dapat memenuhi asa konsumen sebagai akibatnya menyebabkan konsumen melakukan pembelian ulang dan meningkatkan jumlah penjualan. berdasarkan uraian di atas maka penulis mencoba buat menganalisis tentang kepuasaan pelanggan dan tingakat penjualan produk
Kepuasan ialah ungkapan asal perasaan senang atau kecewa seorang yang timbul berasal perbandingan yang akan terjadi kinerja suatu produk dengan harapan yang diyakini tadi (Kotler serta Keller, 2009). Sedangkan Lovelock dan Wright (2007) mendefinisikan bahwa kepuasan ialah reaksi seorang pascapembelian sebuah produk atau kondisi emosional yg ditunjukkan berupa kemarahan, ketidakpuasan, netralitas, kegembiraan serta kesenangan. sehingga bisa disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan yaitu situasi kognitif pembeli yg berhubungan dengan kesepadanan (kesesuaian/kesenangan) atau ketidaksepadanan (tidak suka ) dari akibat yang diperoleh dengan dibandingkan pengorbanan yg sudah dilakukan (Tjiptono, 2014).
Kotler menyebutkan bahwa kualitas pelayanan artinya suatu proses kerja pada menaikkan serta mempertahankan pemugaran mutu secara berkelanjutan asal proses produksi, sampai pelayanan yg dihasilkan perusahaan (Panjaitan & Yuliati, 2016). Kualitas layanan bisa memotivasi pelanggan buat berkomitmen kepada produk dan layanan tertentu yg buat menaikkan kinerja perusahaan. buat mempertahankan kualitas layanan, maka kepuasan pelanggan dalah satu faktor penting pada mempertahankan pelanggan yg sinkron dengan kebutuhan pasar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H