Lihat ke Halaman Asli

Mugiarni Arni

guru kelas

Cerpen: Hewan Vertebrata

Diperbarui: 23 November 2023   08:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar pixabay.com gratis 

Cerpen: Hewan Vertebrata

Oleh Mugiarni 

Ryan, seorang anak kelas 5 SD, sedang mengikuti pelajaran Bu Arni. Bu Arni sedang menjelaskan tentang klasifikasi hewan.

"Hewan diklasifikasikan menjadi dua, yaitu avertebrata dan vertebrata," kata Bu Arni. "Hewan avertebrata adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Sedangkan hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang."

Ryan mendengarkan penjelasan Bu Arni dengan saksama. Namun, ada satu hal yang membuatnya penasaran.

"Bu, hewan vertebrata itu apa?" tanya Ryan.

Bu Arni tersenyum. "Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang," jawabnya. "Tulang belakang ini berfungsi untuk menopang tubuh dan melindungi organ-organ penting di dalam tubuh."

"Oh, begitu," kata Ryan. "Jadi, semua hewan yang memiliki tulang belakang adalah hewan vertebrata?"

"Betul," kata Bu Arni. "Hewan vertebrata terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari ikan, amfibi, reptil, burung, hingga mamalia."

Ryan mengangguk-angguk. "Jadi, ikan, katak, ular, burung, dan anjing adalah hewan vertebrata?" tanyanya lagi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline