Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Tim I Undip Bantu Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan SDN 1 Bayemharjo

Diperbarui: 7 Februari 2023   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengolahan Bahan Pustaka. (Dokpri)

Wonogiri (3/2/2023) - Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan SDN 1 Bayemharjo menjadi salah satu program kerja keilmuan dari Mufti Aulia Rahmah (21), mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro tahun 2022/2023, yang berasal dari Program Studi Ilmu Perpustakaan.

SDN 1 Bayemharjo beralamat di Kelurahan Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Program kerja ini terbentuk berdasarkan survey dan usulan dari Pak Didik Suharmoko, Kepala Sekolah SDN 1 Bayemharjo dikarenakan koleksi perpustakaan SDN 1 Bayemharjo belum diolah kembali setelah pindah ke gedung baru.

Program kerja ini dilaksanakan mulai dari tanggal 18 Januari -- 2 Februari 2023. Kegiatan pengolahan bahan pustaka dilakukan dalam beberapa tahap. Pada kesempatan ini, mahasiswa KKN memulai kegiatan dengan melakukan pemeriksaan terhadap bahan pustaka mana yang masih layak untuk dilayankan dan mana yang tidak. Hal ini dilakukan karena banyak bahan pustaka yang merupakan terbitan tahun 1980an hingga 1990an. Selain itu, tak sedikit pula bahan pustaka yang rusak termakan rayap dan terkena air. Tahap kedua, mahasiswa KKN melakukan inventarisasi berupa pendataan pada buku induk inventaris perpustakaan sekaligus pemberian nomor inventaris. 

Pada tahap ini, tidak dilakukan pemberian stempel kepemilikan dan stempel inventaris karena koleksi perpustakaan SDN 1 Bayemharjo sudah memilikinya. Tahap ketiga, bahan pustaka yang telah diinventarisasi kemudian diklasifikasikan berdasarkan subjeknya menggunakan Dewey Decimal Classification (DDC). Setelah kegiatan inventaris selesai, koleksi diberi label buku yang berisi nomor panggil buku. Terakhir, koleksi disusun di rak dan dikelompokkan berdasarkan subjeknya.

Setelah rangkaian kegiatan pengolahan bahan pustaka selesai, mahasiswa KKN melakukan pemaparan hasil program kerja kepada Kepala Sekolah SDN 1 Bayemharjo sekaligus menjelaskan isi Buku Panduan Pengolahan Bahan Pustaka pada Hari Jum'at, 3 Februari 2023.

Penyerahan Buku Panduan Pengolahan Bahan Pustaka Kepada Kepala Sekolah SD Negeri 1 Bayemharjo

"Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN dari Undip atas bantuannya dalam mengelola perpustakaan sekolah kami yang memang belum sempat dikelola dengan baik setelah pindah gedung," ucap Pak Didik Suharmoko, selaku Kepala Sekolah SDN 1 Bayemharjo setelah pemaparan hasil dan penyerahan buku panduan. Beliau juga menambahkan dengan telah terlaksananya pengolahan bahan pustaka, diharapkan perpustakaan dapat dimanfaatkan siswa dan guru dengan maksimal.

Perpustakaan sekolah merupakan pusat sumber informasi yang berada di lingkungan pendidikan dasar maupun menengah. Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat kegiatan literasi informasi, kegiatan belajar-mengajar, hingga kegiatan kreatif dan rekreasi. Agar perpustakaan sekolah dapat berfungsi secara maksimal, maka diperlukan pengelolaan yang baik demi menunjang koleksi yang berkualitas dan kegiatan layanan yang dapat dimanfaatkan pemustaka.

Penulis: Mufti Aulia Rahmah

DPL: Dr. Seno Darmanto, S.T., M.T.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline