Lihat ke Halaman Asli

Mufidatul nuraini

Tadris ips 2

Filsafat Pendidikan Rekonstruksionisme

Diperbarui: 20 Mei 2020   18:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

1. Pengertian filsafat pendidikan rekonstruksionisme

Filsafat pendidikan rekonstruksionisme merupakan aliran filsafat pendidikan yang di pengaruhi oleh ide-ide pragmatisme dan marxisme, aliran ini mempercayai bahwa realitas sosial itu selalu berubah-ubah sebagai konsekuensinya. Mereka memandang sekolah itu sebagai lembaga sosial. 

2. Pemikiran tokoh filsafat pendidikan rekonstruksionisme

1. Caroline part 

Caroline mengemukakan ide-ide tentang sesuatu yang dapat memberikan anak-anak kesempatan untuk mewakili dunia mereka sendiri. 

2. George counts

George berpandangan bahwa pendidikan secara historis digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan masyarakat terhadap budaya tradisi dan kondisi sosial yang telah diubah oleh sains teknologi dan industri sebagai kekuatan positif bagi penyusunan pola budaya yang baru, menurut ia pendidikan harus memandang kemungkinan bagi perubahan sosial yang Radikal. 

3. Paulo freire

Menurut Paulo pendidikan harus menyadarkan kaum yang tertindas agar mereka mempunyai kesadaran yang kritis. Metode yang ia gunakan adalah dialog. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline