Lihat ke Halaman Asli

Sayangi Tubuhmu dengan Makan Makanan Bergizi

Diperbarui: 4 Desember 2018   08:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada zaman sekarang kecanggihan tekhnologi semakin berkembang dari tahun ke tahun dimana semua tenaga manusia dapat digantikan dengan tekhnologi yang semakin canggih dan semakin berkembang yang dapat membuat manusia jaman sekarang semakin bermalas-malasan dan semakin berkurangnya aktivitas fisik yang di lakukan manusi sehari-hari yang dapat kita contohkan dimana saat kita lapar tetapi kita tidak punya bahan untuk dimasak atau kita lagi malas bergerak kita dapat dengan mudahnya memesan makanan secara online menggunakan hp. Dimana kebiasaan memakan makanan siap saji yang belum tentu memenuhi kebutuhan dari tubuh kita yang dapat juga mengakibatkan masalah gizi seperti obesitas.

Selain berkembanganya tekhnolgi dari tahun ke tahun penyakit yang di sebabkan oleh gizipun semakin banyak, seperti kurang gizi atau obesitas. Pada zaman sekarang yang dimana-mana serba praktis juga dapat miningkatkan tingkat penyakit obesitas pada anak dimana anak zaman sekarang yang di didik dari kecil dengan kurang nya aktifitas fisik dengan cara bepergian kemana-mana dengan menggunakan mobil atau kendaraan selain itu kebiasaan anak yang sedari kecil telah dibiasakan dengan bermain gadget dan berdiam diri selama berjam-jam dengan berkurung diri dikamar ataupun berdiam diri berjam-jam di depan tv daripada bermain dengan teman sebayanya yang dapat mengakibatkan aktifitas fisik pun berkurang sehingga energi yang masuk lebih besar daripada energi yang dikeluarkan. Selain aktivitas fisik pola makanan juga memengaruhi kejadian obesitas pada anak.

Makanan yang kita makan setiap hari belum tentu sudah memenuhi kebutuhan tubuh kita karna kebanyakan anak-anak zaman sekarang kurang memeperhatikan makanan yang dimakan, kebanyakan dari mereka hanya memikirkan yang penting mengenyangkan tanpa memperhatikan kandungannya dan didukung dengan kurangnya aktifitas fisik yang di lakukan setiap harinya, bagi para orang tua sebaiknya lebih memperhatikan kembali kandungan makanan yang diberikan terhadap anak mereka. Makanan sehat yaitu makanan yang bergizi, higienis dan berkecukapan sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak harus makanan yang mahal dan enak yang bertujuan untuk meminimalisir masalah gizi dan membantu tumbuh kembang terhadap anak. Sedangkan makanan bergizi adalah makanan yang mengandung zat yang merupkaan kebutuhan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serta mineral yang seimbang. Berikut terdapat beberapa makanan sehat dan bergizi yang dapat kita terapkan pada makanan kita sehari-hari

  1.  Karbohidrat
    Kita dapat memakan nasi merah, roti gandum, ubi dan sereal gandum.
  2. Protein
    Makanan yang banyak mengandung protein dapat kita temui pada kacang almond, kacang merah, salmon, dan kacang kedelai.
  3.  Sayur dan Buah
    Kita bisa memakan buah apel, blueberry, brokoli dan bayam.

Sedangkan Menurut beberapa orang, makanan sehat dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok utama.

  • Yang pertama terdiri dari serelia, seperti jagung, gandum, padi, gandum hitam, barli dan sekoi serta umbi-umbiyan seperti kentang dan umbi.
  • Yang kekedua yaitu kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, serta beberapa makanan hewani seperti daging, telur, ikan, dan produk-produk susu.
  • Sedangkan yang ketiga yaitu terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Makanan sehat juga harus sesuai dengan tiap-tiap individu berdasarkan faktor seperti usia, jenis kelamin, dan jenis aktivitas. Menurut Dr. Hector Bourges, direktur nutrisi pada Institut Nasional Salvador Zubiran Bidang Ilmu Pengetahuan Medis dan Nutrisi(INCMNSZ) di Meksiko, menu makanan sehat haruslah lengkap, cukup banyak dan simbang yaitu " memasukkan setidaknya satu makanan dari tiap kelompok makanan setiap kita makan".

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kesalah mohonmaaf terimakasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline