Lihat ke Halaman Asli

Mudzakkir Harun Alrasyid

Guru SDIT MU Cinere Depok

Bukan Sembarang Doa

Diperbarui: 2 Februari 2024   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Bukan Sembarang Doa

Berdoa merupakan bentuk komunikasi kita sebagai hamba kepada Allah. Berdoa dilakukan untuk meminta dan memohon hal baik bagi diri sendiri dan orang lain. Selain itu berdoa juga sebagai tanda bahwa kita sebagai hamba-Nya dekat dengan Sang Penciptanya.

Allah Swt memerintahkan kepada hamba-Nya untuk selalu berdoa. Seperti firman Allah dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 186 yang berbunyi  "Dan apabila hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka  jawablah bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepda-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Selain itu Rasulullah juga menganjurkan untuk mendoakan orang lain. Sebab, mendoakan orang lain, pahala dan hakikatnya sama dengan kita berdoa untuk diri sendiri. "Barangsiapa mendoakan ampunan bagi kaum mukminin dan mukminat, Allah akan menuliskan untuknya pahala sejumlah mukminin dan mukminat". (HR.Thabrani).

Apabila kita mendoakan orang lain secara diam-diam, maka malaikat akan langsung mencatat kebaikan kita dan langsung mendoakan kita seperti doa kita panjatkan untuk orang lain. Seperti hadits yang diriwayatkan Muslim yang menjelaskan hal tersebut. "Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, "Dan bagimu juga kebaikan yang sama." (HR.Muslim).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline