Lihat ke Halaman Asli

Mudzakkir Harun Alrasyid

Guru SDIT MU Cinere Depok

AHT (Asli Haji Tohirin)

Diperbarui: 30 Januari 2024   16:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Tepatnya hari Minggu sore kemarin kami bertolak menuju Jakarta dari Banjarnegara. Saat melewati alun-alun Banjarnegara kami sempatkan mampir minum es dawet yang mangkal persis di depan gapura besar bertuliskan Alun-Alun Banjarnegara. Menikmati es dawet di Banjarnegara sambil menyaksikan aktivitas lalu-lalang masyarakat di alun-alun adalah sebuah destinasi kuliner yang unik dan sensasional.

Setelah kami puas meneguk es dawet yang murah meriah dengan rasa kesegaran khas, kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Jakarta. Sepanjang perjalanan sore itu kami benar-benar menikmati pemandangan kota kecil di Jawa Tengah seiring rintik hujan menyapa. Setelah beberapa kilometer perjalanan, mata kami tertuju pada tulisan Getuk Goreng ASLI Haji Tohirin.

Kami berhenti di toko tersebut dan mencoba kelezatan getuk goreng sambil mencari tahu siapakah sosok Haji Tohirin tersebut. Ternyata nama Haji Tohirin berawal dari kisah getuk goreng yang dibuat sejak  tahun 1918 oleh Bapak Sanpirngad, seorang penjual rames dan getuk basah. Lantaran getuknya kadang tidak habis terjual dan sering dibuang, akhirnya Pak Sanpirngad berinisiatif mengolahnya lagi dengan cara digoreng yang dibantu oleh sang menantu yaitu Haji Tohirin. Beliaulah yang meneruskan usaha getuk goreng dan sudah memiliki beberapa cabang yang sekarang diteruskan anak-anak dari H. Tohirin.

Pada awalnya getuk goreng adalah makanan masyarakat kelas atas karena harus digoreng dengan menggunakan minyak. Sedangkan untuk rakyat kelas bawah minyak merupakan suatu hal yang mewah. Getuk goreng Asli Haji Tohirin Sokaraja kini populer dan menjadi oleh-oleh yang wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyumas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline