Lihat ke Halaman Asli

Mudzakkir HA

Guru SDIT MU Cinere Depok

Katakan Tidak Jika Disentuh

Diperbarui: 2 Juni 2024   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemenkes RI

Katakan Tidak Jika Disentuh

Anak adalah amanah dari Allah Swt yang sangat berharga bagi kedua orang tua. Setiap orang tua pastilah berharap anak-anaknya kelak tumbuh menjadi generasi yang lebih baik dari dirinya. Anak juga merupakan aset terbaik yang akan melanjutkan estafet kelangsungan hidup dan martabat bangsa. Bagi seorang guru, anak atau murid adalah amanah dari orang tua yang harus dijaga, dituntun, dididik, diajarkan, diluruskan, dimotivasi, dan diberikan hak-haknya sebagai murid dengan sempurna.

Maraknya bullying dan pelecehan seksual akhir-akhir ini tentu menjadi perhatian serius kita bersama. Tugas orang tua dan guru adalah mendampingi dan sekaligus memberikan edukasi terkait bullying dan pelecehan seksual dengan mengingatkan selalu bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain.

Bagian-bagian yang tidak boleh disentuh dinamakan "area pribadi" atau "area privasi". Berikut adalah beberapa bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain:
1. Mulut
2. Dada sampai perut
3. Alat kelamin
4. Bokong
Bagian tubuh ini hanya boleh disentuh oleh diri sendiri, orang tua (sebaiknya mama), dan dokter (jika sakit saja).

Mengajari anak tentang batasan tubuh sangat penting untuk beberapa alasan:
1. Melindungi anak dari pelecehan seksual.
Anak yang tahu bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh orang lain akan lebih waspada terhadap orang yang mencoba menyentuh mereka secara tidak pantas.

2. Membangun rasa percaya diri dan harga diri.
Anak yang memahami batasan tubuhnya akan lebih percaya diri dan merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

3. Membantu anak berkomunikasi dengan jelas.
Anak yang tahu batasan tubuhnya akan lebih mudah untuk mengatakan "tidak" jika mereka merasa tidak nyaman dengan sentuhan orang lain.

Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk menjelaskan kepada anak bahwa ada bagian tubuh yang tidak boleh disentuh orang lain, dan sebutkan bagian-bagian tersebut dengan nama yang jelas. Tekankan pula bahwa anak berhak mengatakan "tidak". Beri tahu anak bahwa mereka tidak harus menerima sentuhan yang membuat mereka tidak nyaman, dan mereka harus memberitahu orang dewasa yang mereka percayai jika mereka merasa tidak nyaman.

Bicarakan tentang perasaan. Bantu anak untuk memahami perasaan mereka dan bagaimana cara mengungkapkannya dengan kata-kata. Tugas orang tua adalah mengingatkan putra-putrinya agar selalu waspada dengan orang lain yang memiliki niat jahat. Tugas guru adalah melindungi dan memastikan tidak ada satu pun siswanya yang mendapatkan perlakuan bullying dan pelecehan seksual di lingkungan sekolah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline