Lihat ke Halaman Asli

Mudzakkir HA

Guru SDIT MU Cinere Depok

Ingin Menikah dengan Bidadari?

Diperbarui: 15 Maret 2024   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri masjidnururrrahman

Ingin Menikah dengan Bidadari?

Sehari sebelum pelaksanaan kegiatan Tarawih hari ke-4, panitia Ramadhan 1445 H Masjid Nururrahman mengirimkan pesan pribadi ke saya:

Bismillaahirrohmaanirrahiim.
Jadwal petugas Salat Taraweh Ramadhan Masjid Nururrahman 1445H.
Hari,Tanggal :  Kamis 14 Maret 2024
Malam ke : 4 Ramadhan
Pemateri : Ust. Mudzakkir Harun Alrasyid,S.Ag.,M.Pd.
Imam : Ust. Mudzakkir Harun Alrasyid,S.Ag.,M.Pd.
MC : Mas Irsyad
Bilal : Mas Alfitrah - mas Ilham

Kultum akan dilaksanakan setelah salat isya/sebelum salat tarawih.

Salam
Panitia Ramadhan Masjid Nururrahman

Menjadi imam isya, tarawih, dan sekaligus pemateri kultum benar-benar membuat saya harus mengatur strategi agar tetap tenang, khusyuk, dan tampil dengan performance terbaik. Saat memimpin salat isya, saya baca surat Al insyirah dan surat Attin. Usai membaca dzikir dan doa dilanjutkan materi/kultum. Saya memulai kultum dengan menyampaikan pantun teka-teki:
Kebayoran Baru ada Jalan Haji Nawih
Haji Nawih banyak anak cucunya
Doa ini dibaca usai salat tarawih
Doa apakah ini namanya?

Beberapa saat jamaah terdiam. Tak lama kemudian ada yang menyampaikan doa Kamilin. Saya sampaikan tepat dan benar sekali. Saya ajak jamaah untuk bersama-sama mengikuti bacaan doa kamilin yang saya pandu dari mimbar. Andai jamaah mengetahui arti setiap kalimat yang dibaca maka pasti akan lebih keras mengucapkan amin saat menyebut kalimat ini.

Jamaah makin penasaran dengan kalimat doa tersebut. Tibalah saya ucapkan pada satu kalimat yang bunyinya "wabihuurin iinin mutzawwijin" yang artinya menikah dengan bidadari. Hampir semua jamaah laki-laki tersenyum dan tertawa dalam hati sambil berharap doanya dikabulkan.

Inilah terjemahan dari doa kamilin yang sering dibaca usai salat tarawih, namun sering tidak kita sadari artinya:

Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu), yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka, yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan shahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline