Matrik BCG merupakan matriks yang dikembangkan Boston Consulting Group dan dapat dipadukan pada kuadran strategi pemasaran ini.
Kuadran 1, pasar lama dan produk lama. Pada kondisi usaha ini jika penerimaan sama dengan pengeluaran maka perusahaan dalam keadaan sulit untuk dikembangkan atau fase dog. Dengan demikian pada fase ini perusahaan berada di tahap diversifikasi.
Kuadran 2, pasar lama dan produk baru. Penerimaan lebih kecil daripada pengeluaran atau pada fase question mark. Hal itu karena adanya investasi besar-besaran yang harus ditanggung oleh perusahaan untuk produk baru. Perusahaan berada pada pengembangan produk baru.
Kuadran 3, pasar baru dan produk lama.Penerimaan jauh lebih besar dari pada pengeluaran atau disebut cash cow. Hal ini berarti margin pemasaran cukup besar untuk melakukan subsidi silang terhadap fase 2. Perusahaan berada pada tahap pengembangan pasar baru.
Kuadran 4, pasar baru dan produk baru. Fase star, yakni penerimaan lebih besar daripada pengeluaran, namun jumlahnya adalah sangat besar. Dengan begitu marginnya relatif kecil. Perusahaan berada pada tahap penetrasi. Pemasaran berdaya ungkit, UMKM bangkit.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H