Lihat ke Halaman Asli

muchammad soffa

Kepala Sekolah

Upacara HUT Pramuka Ke-63 Kecamatan Bubulan

Diperbarui: 16 Agustus 2024   00:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bubulan, Bojonegoro. Tanggal 14 Agustus  merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia salah satunya yaitu hari lahir kepanduan di Indonesia. Kepanduan tersebut dinamakan dengan Pramuka di mana kepanduan tersebut membentuk karakter terutama peserta didik yang akan menjadi calon-calon pemimpin di masa yang akan datang. 

Gerakan Pramuka adalah organisasi kepanduan di tanah air yang semakin memantapkan perannya di era yang begitu mendunia. Peran tersebut diwujudkan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang terprogram yang dimulai dari satuan pendidikan dasar dan menengah (SD SMP SMA dan SMK.) Terlebih pada saat ini kegiatan kepramukaan diberikan payung hukum yaitu Permendikbud nomor 62 tahun 2014 dengan tujuan antara lain melatih sikap disiplin kejujuran tanggung jawab percaya diri sikap agamis dan dapat berkomunikasi.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik menyenangkan sehat teratur terarah yang dilakukan dalam di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan mata akhlak dan budi pekerti luhur.

Ajaran ketua kwartir Nasional gerakan Pramuka dalam rangka meningkatkan peran Pramuka sebagai bagian sistem pendidikan nasional bagi kaum muda bangsa pertama perkuat kepemimpinan dan manajemen kuartil di semua jajaran, kedua rapatkan barisan pelatih pembina , ketiga aktifkan  pasukan ambalan dan rencana di setiap gugus depan, keempat mantapkan sistem dengan permainan edukatif dan menantang di alam terbuka, lima kokohkan kemitraan dan dukungan sumber daya dari semua komponen bangsa dan keenam amalkan Satya dan dharma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan upacara hari ulang tahun Pramuka ke 63 tanggal 14 Agustus 2024 di Kecamatan Bubulan dipusatkan di kantor Kecamatan Bubulan. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Ibu Dyah Enggarini Mukti,SE , MM. beserta jajaran di Kecamatan Bubulan. Sedangkan peserta upacara hari ulang tahun Pramuka ke 63 adalah Kepala Desa Sumberbendo Bapak Cipto, Kepala Desa Ngorogunung Ibu Karti Imut, Kepala Desa Clebung Bapak Kasihanto, Kepala Desa Cancung Bapak Pujiono dan Kepala Desa Bubulan Ibu Wiwin Indrayani Cantik,SM. Dari satuan pendidikan hadir kepala sekolah bapak Mutaal dari SD Negeri Sumberbendo, Ibu Ettie Poedji Rahayu dari SD Negeri Ngorogunung, M. Masjkuroni Dwi Wibowo dari SD Negeri Clebung, Bapak  Idhe Novian dari SD Negeri Cancung dan Bapak Kusyanto dari SD Negeri 1 Bubulan.

Satuan pendidikan yang hadir dalam peringatan hari ulang tahun Pramuka ke 63 tidak hanya dari jenjang Sekolah Dasar juga dihadiri jenjang SLTP dan SLTA yaitu Ibu Siti Nuryani dari SMPN 1 Bubulan, Bapak Rokib dari MTS Bubulan ,Bapak  yoyok nasution dari SMP Satu Atap Celebung dan Muchammad Soffa dari SMAN 1 Bubulan. Peserta didik dari satuan Pendidikan masing-masing juga terlinat aktif dalam mengikuti rangakian kegiatan upacara.

Dari peringatan hari ulang tahun Pramuka ke 63 yang menarik adalah pembacaan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Dasa Darma Pramuka. Pembacaan dilakukan tanpa menggunakan teks yang dilakukan oleh para siswa-siswi SMA Negeri 1 Bubulan. Pertama yaitu pembacaan Pancasila yang dilakukan oleh Ananda Mohammad riduwan kelas Xl-1,  Kedua pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 yang dilakukan oleh Ananda Sela Ayu Watini kelas Xll-2 dan pembacaan Dasa Darma Pramuka yang dilakukan oleh Ananda Zahwa Galih Prayogi kelas Xl-1. 

Kedua adalah pesan dari inspektur upacara yaitu ibu Diah Enggarini Mukti "Tema Hari Pramuka hari ini, yaitu menjadi generasi muda yang berkarakter, berjiwa Pancasila, dan mampu menjaga keutuhan NKRI. Dengan tema tersebut diharapkan  kegiatan pramuka sangat penting bagi pembentukan karakter generasi muda yaitu menanamkan nilai-nilai positif seperti kedisiplinan, kebersamaan dan cinta air. Dengan  disipin segala sesuatunya akan menjadi tertib dengan kebersamaan maka segala sesuatu akan menjadi ringan dan dengan mencintai tanah air maka NKRI akan terjaga dengan utuh dan berdiri dengan kokoh".

Demikian kegiatan peringatan hari ulang tahun Pramuka ke 63 di Kecamatan Bubulan, semoga dapat menambah wawasan kita dalam meningkatkan nilai-nilai kedisiplinan, kebersamaan dan patriotisme (Soffa)

https://youtu.be/n2Np9Dq9_Ko

Jangan lupa like dan Subcribe #pramuka#bubulan#bojonegoro#upacarapramuka#upacarapramuka 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline