Lihat ke Halaman Asli

KONSEP ILMU GEOGRAFI

Diperbarui: 29 November 2022   18:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo Kompasianer, pasti kalian ketika belajar materi ilmu geografi ketika diawal atau pengantar yang diawali dengan materi Pengertian Geografi, Objek studi Geografi,Dan salah satunya yang saya bahas dalam hal ini adalah Konsep ilmu Geografi dan Kalian tentunya pasti sudah tidak asing dengan materi Konsep Geografi ini ketika Belajar Pengantar ilmu Geografi. dan Apakah Sobat kompasianer sudah mengerti tentang Konsep ilmu geografi ? Di sini, aku kasih tau sekilas materi tentang ada berapa Konsep geografi, penjelasan, pembagian serta Contoh nya.

Konsep Geografi merupakan pola yang berkaitan dengan gejala - gejala nyata tentang fenomena geosfer yang terjadi di muka Bumi untuk mengungkapkan beberapa gejala, faktor, atau masalah. Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi dan segala isinya. Geografis sebagai suatu ilmu memiliki konsep geografi. Nah, Konsep Geografi ini dibagi Sepuluh macam. Apa saja ?

1.   Konsep Lokasi. Lokasi adalah posisi suatu tempat, Benda, peristiwa, atau gejala dipermukaan bumi dalam hubungan nya dengan tempat, Benda, gejala, dan peristiwa lain. ada dua macam Yaitu Lokasi dan Lokasi relatif. Mungkin sobat Kompasianer masih bingung dengan kedua lokasi tersebut. Lokasi absolut adalah posisi sesuatu berdasarkan koordinat garis lintang dan garis bujur (letak astronomis). Contohnya Brunei Darussalam yang merupakan negara tetangga Indonesia terletak diantara 4 LU dan 114 BT. Adapun lokasi relatif adalah posisi sesuatu berdasarkan kondisi dan situasi daerah di sekitarnya.
2.   Konsep Jarak.  Jarak adalah ruang atau sela yang dapat menghubungkan antara dua lokasi atau dua Objek dan di hitung melalui ukuraan Panjang maupun waktu. Konsep Jarak dapat dibagi menjadi Dua, Yaitu jarak absolut dan jarak relatif. Yang pertama adalah jarak absolut adalah ruang atau sela antara kedua lokasi yang digambarkan melalui ukuran Panjang dalam satuan meter,kilometer, dan sebagainya . Contohnya adalah jarak antara Kota Medan dan Kota Padang adalah 772 km.  Yang ke Dua adalah Jarak Relatif adalah ruang atau sela antara kedua Lokasi yang dinyatakan dalam lamanya perjalanan atau waktu. Contohnya adalah Jarak dari Kota Medan ke Kota Padang dapat ditempuh dalam waktu 18 jam melewati jalan darat. Jarak relatif ini dapat berbeda jika keadaan jalan terhambat atau menggunakan jalur lain.
3.   Konsep keterjangkauan atau aksesbilitas, Namanya saja aksesbilitas ya Sobat kompasianer. Artinya mana berhubungan dengan kemudahan akses , baik berupa jalan maupun transportasi , menuju suatu tempat . Contohnya adalah untuk sampai di Labuan Bajo, NTT , kita dapat menggunakan kapal penyebrangan dari pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) atau Benoa (Bali).
4.   Konsep Pola . Berkaitan dengan susunan , bentuk, atau persebaran Fenomena dalam ruang di muka bumi. Contohnya adalah Permukiman penduduk cenderung menyesuaikan kondisi alam tempat mereka tinggal. Di Pulau Kalimantan yang memiliki banyak aliran sungai besar, permukiman berkembang di sepanjang aliran sungai.
5.   Konsep Morfologi , Terkait dengan pembentukan bentuk muka bumi yang di hasilkan tenaga dari dalam dan luar bumi. Contoh nya Semarang memiliki wilayah perbukitan di bagian selatan dan dataran rendah hasil Sedimentasi , Pesisir, dan Pantai di bagian Utara.
6.   Konsep Aglomerasi adalah Menjelaskan adanya gejala Pengelompokan yang di sebabkan adanya persamaan kepentingan atau persamaan jenis. Contohnya adalah berdasarkan tingkat perekonomiannya , Permukiman penduduk dibedakan atas permukiman kelas bawah, menengah , dan atas.
7.   Konsep nilai Kegunaan . Konsep ini berkaitan dengan nilai guna suatu wilayah ataupun barang .Tiap wilayah mempunyai potensi yang bisa di kembangkan sehingga nilai kegunaan nya tersebut Optimal. Contohnya adalah Kawasan Candi Borobudur selain menjadi objek wisata sejarah, juga merupakan tempat ibadah untuk umat agama Budha.
8.   Konsep interaksi atau interdepedensi ialah Menjelaskan bahwa sesuatu yang ada di muka bumi selalu saling melengkapi dan saling bergantung . Contohnya adalah Masyarakat kota membutuhkan bahan pangan dari Desa . Adapun Penduduk Desa menjadi hasil produksinya ke Kota.
9.   Konsep Diferensiasi area . Konsep ini menjelaskan mempertegas bahwa antara satu tempat dan tempat yang lain memiliki perbedaan berdasarkan karakteristik wilayahnya . Contohnya adalah mata Pencarian penduduk di pesisir pantai sebagai nelayan.  Adapun di pegunungan bermata pencarian sebagai petani atau pedagang.
10.   Konsep yang ini konsep yang terakhir ya Sobat yaitu Konsep keterkaitan ruang yaitu Perbedaan potensi wilayah antara yang satu dan yang lain akan mengakibatkan atau mendorong terjadinya interaksi berupa pertukaran barang , ataupun , budaya . Contohnya adalah lalu lintas di Jakarta menjadi padat karena para pekerja (Penglaju) yang tempat tinggalnya di sekitar Jakarta Seperti Bekasi , Depok , dan Tanggerang.

Gimana Sobat Kompasianer ? Apakah sudah paham dengan materi Konsep ilmu Geografi , semoga dengan Penjelasan ini bisa membantu sobat Kompasianer lebih paham akan materi ini Sehingga sobat tidak bingung lagi perbedaan atau penjelasan dari 10 Konsep Geografi dan Sobat dengan mempelajari, membaca dan memahami tentang materi pada pengantar ilmu Geografi, Bisa membuat Sobat Kompasianer tetap Semangat dan jangan menyerah dan terus fokus dan konsisten dalam menggapai impian nya. Jangan lupa belajar dan Berdoa ya Sobat Kompasianer !




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline