Lihat ke Halaman Asli

Yang Lampau dan yang Modern (Versi Budaya Indonesia)

Diperbarui: 21 September 2015   14:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Banyak sekali budaya budaya yang ada di indonesia ini, ada ngaben, kesada, tumpengan, akikahan, yasinan, dan banyak lagi. Budaya budaya itu adalah contoh budaya budaya yang masih lampau dan masih di pertahankan di indonesia ini. Sedangkan budaya budaya pada zaman modern ini seperti, stand party, streat dance, band, internet, dll.

Budaya lampau adalah budaya yang sudah ada sejak zaman nenek moyang yang masih di pertahan kan hingga sekarang. Ciri ciri yang ada pada budaya lampau adalah masih terikat nya suatu acara terhadap kepercayaan mistis. Masih banyak persepsi orang yang bila tidak mengikuti sebuah acara adat, maka dia akan mendapatkan sesuatu yang kurang baik. Jadi pada hal ini, masyarakat di wajibkan agar mengikuti sebuah acara adat, karena tanpa mereka sadari mereka takut jika ada sesuatu yang tidak di inginkan muncul jika mereka tidak mengikuti acara adat ini. Dan jika masyarakat bisa mengikuti acara adat, maka tentunya mereka akan terbiasa dan merasa nyaman serta mengerti betapa pentingnya acara adat tersebut. Setelah itu mereka akan mengajarkan pada anak - anak mereka tentang acara adat tersebut. Banyak sekali dampak positife yang bisa kita ambil seperti, kita dapat berkumpul bersama, menjalin selaturohim, mekan bersama, berdoa bersama, bisa saling sharing, dll. Adapun kelemahan dari budaya lampau ini adalah sering memakan waktu lama, awal kebersamaan berdasarkan pada paksaan, bila tidak mengikuti akan di pandang jelek di masyarakat, dll.

Budaya modern adalah budaya yang muncul di era globalisasi dan budaya yang kebanyakan berasal dari luar indonesia ( dari barat ). Ciri utama dari budaya ini adalah kebebasan. Maksudnya bebas disini adalah tidak terikat oleh sesuatu yang magis dan semua acaranya sesuai dengan akal logika manusia. Jadi tidak ada presepsi manusia kalau tidak mengikuti sebuah acara maka akan mendapat musibah yang tidak di inginkan. Budaya ini muncul paling banyak adalah budaya barat. Budaya ini biasa nya datang karena adanya proses globalisasi yang masuk ke indonesia. Tata acara pada budaya modern ini dengan sistem undangan surat resmi. Kehadiran nya juga di absensikan sebagai stasistik acara. Dan tidak berlaku sistem labeling seperti budaya lampau. Budaya tiap tap budaya tentu memiliki dampak postife dan negative tersendiri. Dampatk positife dari budaya modern ini pada umumnya adalah kehadiran ke acara tidak berdasarkan pada paksaan, melainkan berdasarkan suka relanya, lebih menggunakan logika ketimbang kekuatan magis, pendataan kuantitatif, dll. Sedangkan dampak negatife nya, kruang nya rasa persatuan dan kesatuan, tidak ada jalinan kekeluargaan, terkadang budaya ini tidak cocok dengan masyarakat sekitar, dll.

Dari beberapa pengertian, ciri, dan dampak dari budaya lampau dan budaya modern, kita dapat simpulkan bahwa, jika kita di dalam suatu masyarakat yang di masyarakat itu terdapat budaya modern dan budaya lampau, maka langkah yang harus kita lakukan menyeleksi nya dan memilih mana yang bisa di gunakan dan tidak dapat di gunakan, mana yg sopan dan mana yang tidak sopan, mana yang bisa di akulturasi dan mana yang tidak, dan lain sebagainya. Kita harus memilih karena tidak semua budaya lampau maupun budaya modern bisa masuk ke dalam masyarakat, ini lah sebab utama mengapa kita harus pandai pandai memilah 1 sama lain antar budaya yang baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline