Lihat ke Halaman Asli

Muchammad Farhan Fanani

UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SURABAYA

Inovasi Pengolahan UMKM Tempe Siap Saji di Desa Wiyu, Pacet Mojokerto

Diperbarui: 17 Juli 2024   01:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pemaparan/Tim Dokumentasi

Pembangunan nasional kini semakin gencar dilakukan, sebagai mahasiswa patriot merah putih yang menjalankan Tri Dharma Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, maka mahasiswa memiliki kewajiban untuk mengambil peran dengan ikut menyukseskan rencana perbaikan dan pengembangan bangsa. Dalam ranah ini kami selaku mahasiswa diarahkan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mengusung tema” penerapan inovasi dan teknologi guna mendukung pencapaian SDGs Desa”

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lakukan di RT 02 RW 1 Dusun Tlebuk, Desa Wiyu, Kecamatan Pacet, KabupatenMojokerto, menjadi wadah bagi mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya untuk bermitra dengan salah satu umkm yaitu umkm tempe Ibu milla  Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana bagi mahasiswauntuk menyelesaikan tugas akademis mereka, tetapi juga berperan sebagai wadah untuk menjembatani UMKM tempe mengembangkan usaha melalui p inovasi olahan tempe siap saji: Nugget tempe, rolade tempe dan swedish ball tempe.

Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada kelompok UMKM tempe yang berasal di Desa Wiyu Dalam UMKM tempe ini terdapat masalah naik turunya harga, sehingga pemasukan yang di dapatkanoleh mitra ini kurang stabil. UMKM tempe Dusun Tlebuk hanya memproduksi tempe kemudian dijual di pasar masih metode tradisonal. Kurangnya inovasi dalam pengolahan tempe ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di desa ini.

Mahasiswa berkoordinasi dengan salah satu UMKM Tempe di dusun Tlebuk desa Wiyu yaitu Ibu Milla selaku pemilik usaha tempe. Mahasiswa memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan melakukan inovasi pengolahan tempe siap saji : nugget tempe, rolade tempe, swedishbal tempe, kepada UMKM Tempe di dusun Tlebuk melalui langkah-langkah ini, dapat menbantu UMKM Tempe Dusun Tlebuk desa Wiyu untuk mengembangkan usaha dan dapat meciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan Masyarakat dan pada akhirnya mencapai Pembangunan yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, Kesimpulan dari opini ini adalah KKN merupakan wadah penting bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi langsung bagi kemajuan masyarakat, khususnya pada UMKM. Melalui program KKN di Desa Wiyu, mahasiswaUniversitas 17 Agustus 1945Surabaya bermitra dengan UMKM Bu Milla untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha UMKM dengan inovasi olahan tempe yaitu nugget tempe, Rolde tempe, Swedish ball tempe.

Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, tetapi juga menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmudan keahlian mereka dalam pengabdian kepadamasyarakat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline