Lihat ke Halaman Asli

QS An-Nahl Ayat 90

Diperbarui: 12 Mei 2021   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MDAndrean Story

Dinasti Umayyah goyah, dinasti yang telah berdiri hampir 90 tahun itu ditumbangkan oleh dinasti lain yang juga kerabat mereka -- Dinasti Abbasiyah.

Kalau Dinasti Umayyah memiliki budaya caci maki terhadap keluarga Sayyidina Ali bin Abi Thalib, Dinasti Abbasiyah juga sama. Catatan budaya yang cenderung "kotor" itu tercatat lengkap di dalam Kitab "Tarikh Ar-Rusul Wal Muluk" karangan Imam Thabari.

Klaim kebenaran antara kelompok politik Syiah dan Dinasti Umayyah kembali berlanjut di masa Dinasti Abbasiyah. Dinasti Abbasiyah di masa Khalifah Al-Mu'tadid membuat sebuah dokumen.

"Warga memberitakan bahwa dokumen yang melaknat Muawiyah dan keturunannya akan dibacakan setelah Shalat Jum'at. Beredarnya kabar tersebut membuat warga menjadi ragu untuk mendengar doa setelah Shalat Jumat."

Imam Thabari tak kurang mencantumkan dokumen tersebut sebanyak 7 halaman di dalam bukunya. Konteksnya, keturunan Muawiyah dilaknat dan dicaci maki oleh lawan politiknya yaitu Dinasti Abbasiyah.

... :

"Bahkan dokumen lain disebut telah mengklaim sebuah hadits yang menyatakan bahwa Muawiyah akan berada di neraka paling bawah." Allahu karim.

Sebelum diakhiri, dokumen itu kembali mencantumkan doa supaya Allah melaknat para pendiri Dinasti Umayyah. Jangankan hadits, bahkan nama Tuhan mereka bawa untuk menyerang lawan politiknya.

Membaca naskah terjemahan yang dicantumkan oleh Imam Thabari tentu membuat hati bergetar, bagaimana efek kebencian sudah pada puncaknya. Untung saja, Khalifah Umar II (Dinasti Umayyah) sempat menghentikan budaya kotor itu dengan menggantikannya dengan QS An-Nahl ayat 90 -- meskipun penerusnya kembali melanjutkan budaya kotor itu.

Allahu karim.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline