Lihat ke Halaman Asli

Mubarok

Lecturer, Mahasiswa Juga

Review UAS

Diperbarui: 17 Desember 2019   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

dokpri

Bagaimana menjelaskan perubahan formasi sosial, cara konsumsi media, hiperrealitas Suaramerdeka dan manajerial perusahaan terhadap posisi pekerja, pemilik media suarabaru.id?

Penelitian berawal dari perubahan formasi sosial ketika masyarakat beralih dari konsumsi media cetak ke media digital. Suaramerdeka yang dikenal sebagai Korannya Jawa Tengah selama ini menjadi media lokal yang dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Tengah. Pergeseran cara konsumsi masyarakat ke media digital membuat Suaramerdeka kehilangan pembacanya. Kondisi tersebut kemudian melahirkan Suarabaru.id dimana sebagian dari jurnalisnya bekerja di Suaramerdeka. Modal simbolik dan sosial yang dimiliki oleh para jurnalis Suaramerdeka bermanfaat untuk mengembangkan media Suarabaru.id. Penulisan berita suarabaru.id yang hampir sama dengan Suaramerdeka membuat pembacanya seolah membaca Koran yang sama

Rujukan:

  • Couldry, Nick, 2004, Theorising Media as practice, Social Semiotic Volume 14 Number 2 August 2004, Routledge
  • Sarah Pink, et.al, Digital Ethnography: Principles and Practice, London: Sage, 2016, chapter 1-2, pp.1-3
  • Bourdieu, P, 1977, Outline of a Theory of Practice
  • De certeu, Michael 1984, The Practice of Everyday Life, 
  • Hesmondhalgh, David & Toynbee, Jason, eds.  2008, The Media and Social Theory, Oxon, Routledge
  • Couldry, Nick (2012) Media, Society, World: Social Theory and Digital Media Practice. Cambridge: Polity Press.
  • Alan Warde, 2014, After taste: Culture,consumption and theories of practice, Journal of Consumer Culture, 2014, Vol. 14(3) 279–303, SagePublications
  • Bourdieu, Pierre, Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste, 1984, trans Richard Nice, Harvard University Press, Chambridge
  • Hesmondhalgh, David, 2010, Media Industry Studies, Media Production Studies, in J Curran (ed) Media and Society
  • Sum, N. L., & Jessop, B. (2013). Towards a cultural political economy: Putting culture in its place in political economy, Edward Elgard Publishing
  • Hall, S. (1997) Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London and Thousand Oaks, CA: Sage.
  • Morley, D. (1980) The Nationwide Audience: Structure and Decoding. London: British Film Institute.
  • Giddens, A. (1984) The Constitution of Society: Outline of the Theory of Structuration.
  • Blumer, H. (1962) ‘Society as symbolic interaction’, in A. M. Rose (ed.), Human Behavior and Social Process: An Interactionist Approach. Houghton-Mifflin, pp. 179–92.

dokpri

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline