Lihat ke Halaman Asli

Kesesuaian Subyek-Verba dalam Bahasa Inggris

Diperbarui: 16 September 2015   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam Bahasa Inggris kita kenal istilah Subject-Verb Agreement, yang terjemahan bebasnya kurang lebih Kesesuaian antara Subyek dan Verba. Kesesuaian adalah hubungan gramatikal antara subyek dan verba, atau pronomina dan antesedennya, atau adjektiva demonstratif dan kata yang ia terangkan.

Terjadinya ketiadaan kesesuaian antara subyek dan verba akibat kekuranghati-hatian dalam menulis karangan atau melakukan revisi. Tetapi lebih sering, para penulis menggunakan subyek tunggal dengan verba jamak atau subyek jamak dengan verba tunggal, bahkan karena mereka salah memahami aturan umum, mereka tidak yakin pada jumlah subyek atau karena kata-kata lain yang datang antara subyek dan verba mengaburkan subyek yang sebenarnya (sejati).

Untuk menghindari kesalahan subject-verb agreement Anda perlu mengingat-ingat dan memahami aturan umumnya. Anda dapat menyimak dan mengikuti ulasan selengkapnya hanya dengan mengklik alamat ini: http://www.englishkita.com/2015/09/kesesuaian-subyek-verba-sangat-penting.html

 

EnglishKita.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline