Lihat ke Halaman Asli

Muaz Al amin

Mahasiswa

Mahasiswa/i KKN UINSU Kelompok 146 Adakan Sosialiasi Pencegahan Stunting di Desa Paya Perupuk, Langkat

Diperbarui: 13 Agustus 2024   21:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Stunting oleh Kepala Desa Paya Perupuk/dokpri

Pada tanggal (13/08/24) mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 146 UINSU mengadakan acara Sosialisasi Pencegahan Stunting yang berkolaborasi dengan Posyandu di Desa Paya Perupuk. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting demi masa depan anak-anak yang lebih sehat dan produktif. 

Sosialisasi diawali dengan penjelasan mengenai apa itu stunting, penyebabnya, dan dampak jangka panjang serta jangka pendek yang dapat ditimbulkan yang dipaparkan oleh Bidan Desa Paya Perupuk. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, yang menyebabkan anak lebih pendek dari standar usianya serta memiliki keterlambatan perkembangan kognitif dan fisik. Para peserta diberi informasi mengenai kesehatan tubuh untuk dicek secara berkala, mulai dari masa remaja, kehamilan hingga anak berusia dua tahun, sebagai periode kritis dalam pencegahan stunting.

Sesi berikutnya berfokus pada edukasi pola makan sehat dan gizi seimbang untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak balita. Peserta diajarkan tentang pentingnya mengonsumsi makanan bergizi, seperti protein, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan anak. Tim KKN juga memberikan contoh menu makanan sehat serta cara mengolah makanan bergizi dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar desa.

Adapun makanan yang di berikan oleh KKN 146 UINSU sebagai pendukung penambah gizi untuk anak-anak desa Paya Perupuk yang hadir dalam acara pencegahan stunting ini ialah telur rebus dan puding ubi untuk memberikan dukungan nyata bagi warga desa Paya Perupuk dalam mencegah Stunting.

Acara sosialisasi ini merupakan bentuk kesiapan mahasiswa/i KKN 146 UINSU dalam mendampingi dan memberikan edukasi bagi masyarakat demi tercapainya tujuan bersama dalam pencegahan stunting. Dan juga acara sosialisasi ini merupakan upaya mahasiswa/i KKN 146 UINSU untuk mendukung pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia, serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi yang lebih sehat dan cerdas di Desa Paya Perupuk. Melalui kegiatan ini, kami berharap masyarakat Desa Paya Perupuk dapat lebih memahami pentingnya gizi dan kesehatan dalam mencegah stunting serta menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline