Pada modul 1.2.a.6 Pendidikan Latihan Calon Guru Penggerak diharapkan CGP dapat menggambarkan diri di masa depan, setelah mengikuti rangkaian Program Pendidikan dan Pelatihan Calon Guru Penggerak dengan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak.
Tujuannya tidak lain untuk melakukan pendalaman materi sekaligus pemantapan, supaya semakin yakin dengan nilai dan peran guru penggerak sebagai agent of change dalam dunia pendidikan.
Khususnya dalam mewujudkan perubahan transformatif dalam dunia pendidikan dengan paradigma terbaru yang selama ini diharapkan.
Sampai akhirnya, pendidikan benar-benar bisa menjadi tuntunan yang mengantarkan seorang murid pada kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya, seperti yang digagas Ki Hajar Dewantara.
Sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 8 yang sedangan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) saya akan menggambarkan potret diri saya sebagai seorang guru penggerak di masa depan.
1. Sebagai seorang lulusan Program Guru Penggerak dengan bekal ilmu dari modul 1.1 tentang Filosofi ki Hajar Dewantara dan modul 1.2 tantang nilai dan peran guru penggerak saya akan merasa tergerak untuk melakukan perubahan sehingga bergerak, berubah dari hati dan dengan segala panca indera untuk mengubah posisi menjadi lebih baik teutama pada kompetensi pegagogik, sosial, dan kepribadian
2. Sebagai seorang lulusan guru penggerak saya memiliki karakter yang baik yang patut untuk ditiru oleh murid dan rekan sejawat dalam komunitas sehingga menjadi inspirasi bagi yang lain dan dapat menggerakkan komunitas murid dan teman sejawat.
3. Sebagai seorang lulusan guru penggerak saya memiliki dedikasi yang tinggi untuk mewujudkan dunia Pendidikan yang berkualitas dengan menerapkan pendidikan kepada anak sesuai dengan kodratnya dan melaksanakan pembelajaran di dalam kelas dengan berpusat pada murid. Memberikan ruang seluas-luasnya pada murid untuk berperan dalam proses dan dengan tuntunan. Sedikit-demi sedikit mengurangi dominasi sebagai guru dalam menyampaikan ilmu. Menciptakan suasana belajar yang menarik dan bermakna yang berguna bagi masa depan murid nantinya
4. Sebagai seorang lulusan guru penggerak saya menjalankan peran guru penggerak secara maksimal demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Untuk mewujudkan murid yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, gotong royong, mandiri, kereatif dan bernalar tinggi.
5. Sebagai seorang lulusan guru penggerak saya bergerak dan menggerakkan rekan guru untuk saling bersinergi dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Serta ingin mengetahui pengetahuan yang ada pada diri saya melalui refleksi atas hasil-hasil pengalaman professional dalam proses pembelajaran
6 . Sebagai seorang lulusan guru penggerak saya akan merealisasikan ilmu yang telah saya emban di seluruh ekosistem terdekat minimak di sekolah.