Lihat ke Halaman Asli

Muammar Dhia Syah Putra

Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

Menuju Generasi Muda yang Damai: Program Sosial untuk Menanggulangi Kekerasan

Diperbarui: 27 Maret 2023   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Belakangan ini marak terjadinya kekerasan yang diakibatkan oleh pemuda, Kekerasan pemuda dapat meliputi berbagai bentuk tindakan seperti perkelahian, penggunaan kekerasan fisik atau verbal, intimidasi, pelecehan seksual, dan vandalisme. Kekerasan pemuda dapat memengaruhi kesejahteraan dan kualitas hidup individu dan masyarakat, serta dapat menyebabkan kerusakan fisik, emosional, dan psikologis yang jangka panjang pada korban dan pelaku. Belum lama ini bahkan ada kasus yang membuat seorang pelajar SMP di Sukabumi tewas. Oleh karena itu, program-program sosial yang bertujuan untuk menanggulangi kekerasan pemuda sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang damai dan adil.

Sebelum membahas tentang program sosial yang akan dilakukan, sebaiknya kita mengetahui dulu apa yang menyebabkan kekerasan oleh pemuda ini terjadi

Penyebab kekerasan pemuda kompleks dan terkait dengan banyak faktor. Beberapa penyebab umum dari kekerasan pemuda meliputi:

  • Lingkungan sosial yang buruk: Kondisi lingkungan sosial yang buruk, seperti kemiskinan, ketidakstabilan keluarga, dan kekerasan domestik dapat mempengaruhi perilaku dan tindakan individu muda dan dapat memicu perilaku kekerasan.

  • Konflik antarpribadi: Konflik antarpribadi seperti perkelahian atau persaingan yang tidak sehat antara pemuda dapat menyebabkan tindakan kekerasan.

  • Penyalahgunaan zat: Penggunaan obat-obatan terlarang dan alkohol oleh pemuda dapat menyebabkan penurunan pengendalian diri dan memicu tindakan kekerasan.

  • Kurangnya akses ke pendidikan dan pekerjaan: Ketidakmampuan memperoleh pendidikan yang layak dan kesempatan kerja dapat menyebabkan frustrasi dan keputusasaan pada individu muda, yang dapat mengarah pada perilaku kekerasan.

  • Budaya kekerasan: Kultur yang memperkuat nilai-nilai kekerasan, seperti kekerasan dalam media atau film, dapat mempengaruhi perilaku dan tindakan individu muda.

Ketidakadilan sosial: Ketidakadilan sosial, seperti diskriminasi dan ketidaksetaraan ekonomi, dapat memicu ketegangan sosial yang dapat berujung pada tindakan kekerasan.

Selanjutnya kita akan membahas program sosial apa saja yang cocok untuk masalah ini

  • Pendidikan keterampilan sosial dan penyelesaian konflik
    Program ini bertujuan untuk memberikan pemuda keterampilan sosial dan pengembangan kemampuan penyelesaian konflik yang baik agar mereka dapat mengatasi konflik dengan cara yang damai dan menghindari tindakan kekerasan.
  • Program mentoring
    Program ini bertujuan untuk memberikan pemuda dukungan, bimbingan dan inspirasi dari para mentor yang sukses dalam kehidupan mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan keterampilan dan rasa percaya diri pemuda dan mengurangi risiko perilaku kekerasan.

  • Program rehabilitasi dan pemulihan
    Program ini bertujuan untuk membantu individu yang terlibat dalam kekerasan pemuda untuk mengatasi masalah psikologis dan emosional yang mendasari perilaku mereka. Program ini juga dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik dengan keluarga dan masyarakat dan membantu pemuda mengembangkan keterampilan sosial dan penyelesaian konflik yang lebih baik
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline