Lihat ke Halaman Asli

Pengertian Teori Komunikasi dan Macam-macamnya

Diperbarui: 4 April 2017   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nama; Muammar Arifin

Nim;2013230040

Fakultas; IlmuSosial Dan Politik

Prodi; IlmuKomunikasi

TEORI KOMUNIKASIpadadasarnyasangatdibutuhkandalammenerapkansuatukomunikasibaikkomunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, ataupunkomunikasimassakarenakegunaandariteorikomunikasisebagaipenjelasdanpemberisuatuinformasiterhadapobjek-objekkomunikasidan agar supayaparakomunikan bisa menyerapdengansangatapa yang disampaikanolehkomunikatoradapun yang sangatdibutuhkandalamkomuikasitermasukdalammenerapkanteorikomunikasiadalahkomunikator, media, pesan, pemirsadanumpanbalik. Dan darikesekian element komunikasi yang paling banyakmempunyaiperanpentingdalam proses berkomunikasiadalahseorangkomunikatorjikaseorangkomunikatorhandalmakaumpanbaliknyaakantercapaidengansangatbaik.Dan yang palingpentingdalamteorikomunikasiadalahbagaimanakitabiasmembangunkomunikasitersebutdenganbaikdanjelas.

Ada banyakparapakarilmukomunikasi yang menjelaskantentangteorikomunikasi di antaranyaadalah;

a)CRAGAN & SHIELDS, 1998)

Teorikomunikasimerupakanhubungan di antarakonsepteoretikal yang membantumemberi, secarakeseluruhanataupunsebabagiannya, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaianataupunramalantindakanmanusiaberdasarkankomunikator (orang) berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton, dansebagainya) untukjangkamasatertentumelalui media.

b)LITTLEJOHN, 1996

Teorikomunikasiadalahsatuteoriatausekumpulan "pemikirankolektif" yang didapatidalamkeseluruhanteoriterutamanya yang berkaitan proses komunikasi

c)BORMAN, 1989

Teorikomunikasiadalahsatuperkataan /istilah yang merupakanpayinguntuksemuaperbincangandananalisis yang dibuatsecaraberhati-hati, sistematikdansadar, tentangkomunikasi.

Teorikomunikasibanyak yang menjelaskandariberbagaikalanganterutamadarikalanganpakar-pakarilmukomunikasidandaridefinsi-definisi di atastersebutsayabiasmenyimpulkanbahwateorikomunikasiadalahrelasidariberbagaikonsep-konsepkomunikasi yang adadanditerapkansecarakeseluruhanatausebagianolehparakomunikator yang adakaitannyadengan proses komunikasi.

Menjelaskantentangteorikomunikasitentunyaada yang ganjaljikakitatidakmenjelaskanjugamacam-macamdari teori komunikasiitusendirikarenasejakteorikomunikasimunculadabanyak orang yang mengutarakanpendapat, dan dibagimenjadiberbagaimacam-macamteorikomunikasi.

Dibawahiniadalahsebagianbanyaktentangmacam-macamteorikomunikasi di antaranyaaadalah;

1.Teoribehaviorisme

Ilmuwankomunikasi yang mendukungtoeribehaviorismeiniadalahJhonB.watson (1878-1958) ilmuwanini di Amerikadisebutsebagaibapakbehaveorisme, teoriinimenyebutkanbahwadarisemuaprilaku, termasuktindakbalasan atau yang dikenaldenganresponitusemuaditimbulkandariadanyarangsangan (stimulus), pernyataantersebutkitabiasmenyimpulkanbahwajikasuaturangsangantelahdiamatidandiketahuimakarespondariseseorangtersebutakanmudahdandapatdiprediksikan, darisetiapprilakudapatkitapelajari melaluihubungan stimulus danjugarespon.

2.TeoriInformasi

Teoriinformasiiniadalahsebagiandariteorikomunikasi yang klasik, teoriinimerupakanbentukpenjabarandarikaryaClaude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949), dalamteoriinidisebutkanbahwakomunikasisebagaitranmisipesandanbagaimana transmitter menggunakansalurandan media dalamberkomunikasi di dalamteorikomunikasiinformasiinimenitikberatkanpadasaluranatau media yang digunakanoleh transmitter jikasinyaldalam media initidakbaikmaka proses komunikasitersebutakantidaklancerbegitupunjugasebaliknya.

3.Teori agenda setting

Teoriinihampersamadenganteoriinformasikarenadalamteori agenda setting inisama-samabergantungpada media, teoriinidiperkenalkanolehMcCombs dan DL Shaw (1972). Toeriiniberargumenbahwa media sangatmembertekanankepadasuatuperistiwa, dariperistiwaitu media mengangkatperistiwatersebutdanmempengaruhikhalayakuntukmenganggapperistiwatersebutpenting.Kesimpulannyajikahalapa yang dianggappentingoleh media, makapentingjugabagikhalayak(masyaakat).

4.Teori uses and gratifications(kegunaandankepuasan)

Teoriyang dikemukakanoleh Herbert BlumerdanElihu Katz (1974).Dalamteoriinihal yang di utamakanadalahpengguna media, pengguna media mempunyaiperanaktifdalamteoriini, untukmemilihdanmenggunakan media tersebut.

5.Teoridependensiefekkomunikasimassa

Teoridependensiefekkomunikasidikembangkanoleh Sandra Ball-Rokeachdan Melvin L. DeFluer (1976), teoriinilebihmenfokuskankepadakondisistructuraldalamsuatumasyarakatdaristructuralmasyarakatinikecenduranganakanterjadisuatuefek media massa. Teoriinibisa diakusisiolehparakomunitasmasyarakat modern dan bagaimana masyarakat modern mempunyaianggapanbahwa media massaadalahpusatinformasi yang mempunyaiandilpentingdalam proses memelihara, perubahan, dankonflikdalamtataranmasyarakatdanmasalahperorangandalamsuatuaktivasi sosial.

Sebagianbesarpenelitianterhadapefekkomunikasimassa bisa dirumuskansebagaiberikut;

·Kognitif; pembentukansikapsertamemperluaskeyakinanterhadapmasyarakat

·Afektif; berusahamembuatmasyarakatketakutandancemas, serta meningkatkanataumenurunkandukungan moral.

·Behavioral; menggerakkandanmengaktifkanpembentukansuatuisutertentuuntuksuatuaktivitasmasyarakat.

http://carapedia.com/pengertian_definisi_teori_komunikasi_info2069.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline