Lihat ke Halaman Asli

Muammar Alif Z.S.R

Mahasiswa S2 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada

4 Faktor Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Warna Seragam

Diperbarui: 23 Februari 2023   11:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Unsplash

Tahukah Anda bahwa warna memiliki pengaruh yang penting terhadap seragam yang dipakai oleh para karyawan suatu perusahaan? Setidaknya ada 4 faktor penting dalam memilih warna yang tepat untuk seragam perusahaan Anda. Apa saja itu? Mari kita bahas di bawah!

Pengaruh Warna dalam Branding Perusahaan

Perusahaan selalu berusaha sebaik untuk mengkomunikasikan citra maupun branding dari usahanya ke konsumen dengan mudah. Dan salah satu cara termudah dan termurah yang bisa mereka lakukan adalah dengan seragam, yang ditempeli dengan logo perusahaan, nama perusahaan, dan lain-lain. 

Di sini, warna juga memiliki peran vital untuk membantu proses branding perusahaan agar dapat berjalan dengan lancar kepada para konsumen. 

Warna memiliki makna dan simbolisme tertentu, yang terkonstruksi berdasarkan perspektif dan kepercayaan masyarakat pada umumnya. Karena inilah, warna seragam karyawan sebuah perusahaan juga akan memberikan konotasi simbolisme warna tertentu kepada perusahaan itu sendiri. 

Biasanya, pemilihan warna untuk kepentingan citra perusahaan tergantung dari bidang tempat perusahaan itu beroperasi. Dan perusahaan garmen bisa membantu klien mereka untuk memilih warna yang tepat bagi seragam mereka.

Sebagai contoh, warna merah memiliki makna dan simbolisme gairah, sumber perhatian, dan juga emosi yang menggebu-gebu. Karena inilah, seragam warna merah lebih sering dijumpai di perusahaan perusahaan yang menjalankan bisnis di bidang restoran, terutama makanan cepat saji. 

Warna merah seragam mereka diharapkan untuk menarik perhatian dan juga untuk menumbuhkan gairah nafsu para pelanggan. Karena inilah pemilihan warna sangatlah penting dalam desain seragam. 

Selain itu, gradasi warna juga menentukan simbolisme dan makna dari sebuah warna. Para pengusaha garmen dan konveksi berusaha untuk memahami pesan dan simbol apa yang dipilih atau dihindari dari klien perusahaan, dan kemudian memilih warna yang tepat untuk seragam klien mereka. 

Diferensiasi Karyawan

Secara internal, warna seragam juga bisa menjadi alat yang ampuh untuk membantu para karyawan mengenali perbedaan antara satu sama lain. Perbedaan ini sangat penting saat perusahaan memiliki staf dan karyawan yang sangat banyak dengan tugas yang berbeda-beda, meski mereka bekerja dalam satu area yang sama. 

Untuk membantu kelancaran operasional kerja, dan juga membantu konsumen untuk mengenali karyawan-karyawan perusahaan, pemilihan warna yang tepat sebagai pembeda pun menjadi masalah yang penting. 

Perbedaan warna ini juga berbeda tergantung dari jenis seragam yang dikenakan oleh karyawan, seperti seragam berbentuk kemeja ataupun kaos. Penggunaan warna yang berbeda ini dapat dilaksanakan baik dengan menggunakan satu warna utuh yang sama dalam satu seragam, atau adanya kombinasi beberapa warna sekaligus dalam satu pakaian seragam. 

Respon Psikologis Karyawan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline