Lihat ke Halaman Asli

Mari Kita Mengenal Apa Sih Integrasi Sosial Itu?

Diperbarui: 13 Maret 2023   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Integritas berasal dari kata latin "Integration" yang artinya menyatukan satu kesatuan yang utuh menjadi kesatuan yang lebih utuh atau menyatukan masyarakat banyak menjadi sebuah bangsa yang besar lebih simple nya adalah menyatukan masyarakat banyak dengan tidak melihat Agama, Ras ataupun Suku Bangsa.

menurut Howard Wriggins Integritas berarti menyatukan beberapa masyarakat masyarakat kecil menjadi satu kesatuan bangsa yang utuh. menurut Myron Weiner Integritas berarti proses penyatuan berbagai kelompok suku bangsa, kelompok sosial, maupun budaya dalam membentuk suatu Integrasi biasanya mengandalkan masyarakat yang memiliki suku bangsa, kelompok sosial, maupun budaya.

Jadi Integritas dapat disimpukan menjadi kesatuan, keseraian, maupun keselarasan suatu bangsa. Contoh bentuk integritas secara sosial dan politik melalui sumpah pemuda yaitu berada pada kalimat "satu tanah air, satu bahasa, satu bangsa.Integritas mempunyai beberapa unsur-unsur yaitu sebagai berikut

1. Proses Integrasi Sosial

Dalam prosesnya Integrasi Sosial didasari dengan adanya kesepakatan dengan nilai-nilai umum yang ada di masyarakan seperti berikut ini:

Sosialisasi

mungkin di beberapa antara kita tidak asing dengan kata"sosialisasi" dari kata itu sendiri ada kata-sosial apa sih sosial itu?.Sosial adalah berinteraksi dengan orang lain secara individu maupun kelompok, jadi  Sosialisasi adalah proses bagaimana individu  mempelajari bagaimana cara-cara hidup dengan berhubungan dengan orang yang berada di sekitarnya , dan individu tersebut berusaha untuk bagaimana dia bisa diterima oleh masyarakat yang ada di sekitarnya.

Akulturasi

Akulrurasi, kita sering menjumpai kata-kata tersebut apakah para pembaca tau apa itu Akulturasi?.Akulturasi adalah suatu kelompok yang kemasukan budaya luar kelompok tersebut, tapi lama kelamaan budata itu diterima di suatu kelompok tersebut, tapi dengan tidak menghilangkan budaya khas kelompok tersebut.

Asimilasi

Tentu, kita tidak begitu asing dengan kata-kata Asimilasi bukan? nah, jadi apa itu Asimilasi? jadi menurut KBBI Asimilasi adalah proses pembauran suatu kelompok ke kelompok yang lain yang lama, dengan pembauran lama oleh kelompok tersebut, hilanglah ciri khas suatu kelompok tersebut, sehingga terciptanya budaya yang baru

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline