Lihat ke Halaman Asli

Pengertian dan Sumber Etika Bisnis Islam

Diperbarui: 30 Oktober 2022   14:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian dan sumber etika bisnis islam

1.Pengertian etika bisnis islam

Etika bisnis islam terdiri dari tiga kata yaitu etika, bisnis, dan islam. Berikut adalah pengertian dari masing masing kata tersebut.

Etika dapat diartikan sebagai kebiasaan, akhlak, sikap, cara berpikir serta karakter dan kesusilaan. Secara istilah etika adalah nilai nilai atau norma norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Etika berkaitan dengan nilai-nilai, tatacara hidup yang baik, aturan hidup yang baik, dan segala kebiasaan yang dianut.

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Etika bisnis adalah seperangkat nilai baik, buruk, benar salah dalam dunia bisnis berdasarkan pada prinsip moralitas. Etika bisnis merupakan standar-standar nilai yang menjadi acuan bagi para pelaku bisnis, mulai dari pemilik usaha, manajer, karyawan. Etika bisnis juga diartikan sebagai ilmu yang mengatur hubungan antar perorangan ataupun hubungan antar organisasi bisnis dengan pihak-pihak yang berkepentingan, sesuai dengan standar moral yang berlaku dan di perbolehkan.

Islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah swt kepada nabi Muhammad saw, untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah dan hubungan antar sesamanya. Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Etika bisnis Islam adalah seperangkat nilai tentang baik, buruk benar, salah dan halal haram dalam dunia bisnis berdasarkan pada prinsip-prinsip moralitas yang sesuai dengan syariah. Etika bisnis islam bisa diartikan sebagai suatu proses dan upaya untuk mengetahui hal hal yang benar dan salah untuk menentukan bagaimana sikapdan pelayanan yang harus di lakukan sesuai dengan syariah.

2.Sumber etika bisnis islam

Beberapa sumber etika bisnis islam adalah sebagai berikut

a.Al qur'an, yang mengatur perilaku ekonomi masyarakat.

b.Sunnah, perilaku dan ucapan rasulullah.

c.Ijma', merupakan salah satu prinsip hukum baru yang timbul sebagai akibat melakukan penalaran dalam menghadapi masyarakat luas dengan cepat dari masyarakat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline