Ahmad Dhani mungkin punya potensi kreativitas untuk mengembangkan permuseuman di Jakarta. Sebagai seniman, sangat mungkin dia punya ide cemerlang soal tema dan isi museum yang khas Jakarta. Seperti dulu, sekali lagi dulu, dia sukses menciptakan lagu-lagu pop yang laris-manis di pasaran.
Memang sejauh ini pernyataannya tentang permuseuman Jakarta masih serba sesat. Pertama, dia menggeneralisir semua museum di Jakarta tidak nyaman, hanya karena dia merasa tidak nyaman pada suatu kunjungan ke Museum Fatahillah.
Itu namanya sesat pikir "dramatisasi" (fallacy of dramatic instance). Menggunakan satu kasus, subyektif pula, untuk mengambil kesimpulan umum. Istilahnya, "generalisasi berlebihan", alias "lebay".
Kedua, dia menyimpulkan Jakarta kota yang kurang beradab, karena Ahok hanya bisa membangun jalan, jembatan, dan gedung. Ini namanya sesat pikir "non causa pro causa". Menarik kesimpulan bahwa satu fakta merupakan sebab dari fakta lain, hanya karena terjadi berurutan atau bersamaan. Jelas tidak ada hubungan antara fakta "Jakarta kurang beradab" dan fakta " Ahok membangun jalan, jembatan, dan gedung".
Sesat pikir kedua itu lalu melahirkan sesat pikir ketiga, "non causa pro causa" juga, ketika dia mengatakan akan membangun museum untuk membangun peradaban kota Jakarta. Tidak ada hubungan kausatif yang logis antara "pembangunan museum" (yang notabene fisik juga) dan "peningkatan peradaban".
Lagi pula urutannya terbalik. Peradaban dulu baru museum, bukan sebaliknya. Sebab museum adalah dokumentasi peradaban. Dan peradaban adalah capaian-capaian kebudayaan pada masa-masa tertentu. Artefaknya terutama berupa benda-benda, bangunan, teknologi, dan karya seni budaya pada suatu zaman.
Kendati begitu, tidak baik berburuk-sangka pada Ahmad Dhani. Beberapa sesat pikir di atas bukan dasar yang memadai untuk menyimpulkan dia tak punya kompotensi untuk pengembangan permuseuman di Jakarta. Jika diberi kesempatan belajar sebentar, termasuk bench-marking ke berbagai museum di Eropa, maka sangat mungkin daya kreatifnya bisa produktif untuk memajukan permuseuman Jakarta.
Jika Ahmad Dhani diberi kesempatan itu; maka saya akan ajukan pengembangan sebuah museum tematik khas yaitu "Museum Mesum Jakarta". Jangan ketawa, ini usulan serius. Dan perlu diklarifikasi, ini obsesi saya pribadi, bukan obsesi Ahmad Dhani.
Saya akan tunjukkan bahwa ini usulan serius. Bukan gagasan iseng, atau sindiran. Ini khas tema permesuman, bukan tema seks seperti di berbagai negara maju di Eropa. Jadi, di "Museum Mesum Jakarta" yang saya bayangkan, tidak akan ada konten seksual yang vulgar.
Saya bayangkan isi museum adalah artefak atau dokumen, atau peraga kasus-kasus, tentang sejarah permesuman di Jakarta dari masa ke masa. Bisa dimulai sejak masa VOC, misalnya tentang rumah bordil pertama di Batavia, yaitu Macao Po di Gang Mangga, dejat stasiun Beos (Kota) atau Jalan Jayakarta sekarang. Pelacurnya didatangkan germo Potugis dan Cina. Macao Po menjadi tempat hiburan seks bagi orang-orang Belanda waktu itu. Tentu ada resiko penyakit sifilis, waktu itu disebut penyakit "mangga", karena didapatkan (terutular) dari Gang Mangga.
Lalu ada artefak "soehian", rumah-rumah bordil yang didirikan orang Cina di seantero Batavia, meniru model "Macao Po". Soehian ini awalnya tumbuh di Gang Mangga dan sekitarnya. Lalu sekitar awal abad ke-20 menyebar ke Gang Hauber (Petojo) dan Kaligot (Sawah Besar). Rumah bordil Kaligot tutup akhir 1950-an, sedang Gang Hauber tutup awal 1970-an.