Lihat ke Halaman Asli

Felix Tani

TERVERIFIKASI

Sosiolog dan Penutur Kaldera Toba

Selamat Tinggal Ojek Online, Selamat Datang Opang Online

Diperbarui: 15 Juni 2016   12:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ketika terjadi hijrah berjamaah dari Ojek Pangkalan (O-pang) ke Ojek Online (O-on) dua tahun lalu, saya sudah membayangkan pada titik waktu tertentu akan terjadi gejala involusi O-on, yaitu “terlalu banyak pengojek O-on untuk terlalu sempit ruang operasi”. 

Apalagi, menyusul kehadiran operator O-on “Gojek”, bermunculan pula sejumlah operator baru, antara lain “Grab Bike” sebagai pesaing utama.  Persaingan ruang operasi semakin sengit saja.  Antara lain ditandai oleh “perang tarif murah”, dan diversifikasi mata usaha misalnya ke bidang jasa pembersihan rumah.

Indikasi utama involusi O-on itu adalah kembalinya para pengojek  ke pola perilaku O-pang, yaitu  “berbagi ruang operasi dan berbagi rejeki di ruang eksklusif”. 

Jelasnya para pengojek O-on sekarang kembali ke “pangkalan” asal, atau membangun “pangkalan baru” di lokasi strategis.   Maka dengan mudah sekarang di berbagai sudut Jakarta ditemukan kelompok-kelompok pengojek O-on menduduki “titik-titik kumpul”  di depan mal, samping stasiun kereta api, pojok perkantoran, jalan masuk pemukiman, dan di  lain-lain tempat.  

Sebagian titik kumpul itu bahkan lengkapi dengan plakat nama kelompok pengojek O-on tersebut.  Bahkan, saya pernah lihat, ada yang dilengkapi dengan daftar nama pengojek yang boleh mangkal di pangkalan tersebut. 

Itulah yang saya maksud dengan gejala Opang Online.   Sistem layanannya Online, tapi perilaku pengojeknya Opang.

Coba perhatikan, kalau Anda pengguna jasa O-on, berapa kali Anda dilayani oleh pengojek yang sama kalau memesan layanan dari rumah atau kantor.  Pasti Anda telah mengalami dilayani oleh seorang pengojek O-on yang sama berkali-kali.  

Atau perhatikan nama-nama pengojek yang tampil di layar telepon genggam.  Kerap kali adalah nama-nama yang sama.

Mengapa bisa begitu?  Karena mereka mangkal dekat-dekat rumah Anda, sehingga berpeluang besar mendapatkan kesempatan pertama melayani pesanan penumpang yang ada di sekitar pangkalan.

Dulu para O-pang, juga warga lainnya, berbondong-bondong bergabung ke perusahaan O-on karena pada awalnya sistem O-on memang menjanjikan penghasilan yang lebih besar dibanding O-pang.  Tentu masih ditambah lagi dengan sejumlah insentif dan fasilitas sosial lain.

Tapi dengan berjalannya waktu, dan bertambahnya populasi pengojek O-on, dan pengojek O-pang ternyata juga tak lenyap, maka terjadilah gejala involusi O-on secara khusus.  Indikasi awalnya adalah keluhan pengojek O-on tentang penurunan penghasilan harian karena  penurunan jumlah perolehan penumpang. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline