Lihat ke Halaman Asli

MOCHAMMAD TAUFIQ HIDAYAT

kuliah kerja nyata

Bangkit Bersama UMKM di Masa Pandemi Covid 19 Guna Dongkrak Omzet Penjualan

Diperbarui: 24 Agustus 2021   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Banyuwangi (24/08/2021) - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village 3 Universitas Jember yang bertujuan untuk pengabdian mahsiswa terhadap masyarakat dilaksanakan di Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Kegiatan Kulian Kerja Nyata pada tahun ini berbeda dari biasanya karena kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa Universita Jember dilaksanakan secara individu pada tanggal 11 Agustus 2021 samapai 9 September 2021.

Kuliah Kerja Nyata Back to Village 3 dirancang oleh Universitas Jember untuk memudahkan Mahasiswanya dalam pelaksanaan pengebdian kepada masyarakat di saat kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung. Dengan program KKN BTV 3 UNEJ ini diharapkan mahasiswa dapat mengabdi kepada masyarakat dengan meminimalisir penularan Covid-19.

Banyaknya usaha masyarakat terdampak pandemi Covid-19, dalam program KKN BTV 3 ini, Universitas Jember memberikan beberapa tema untuk kegiatan KKN kali ini, salah satunya yang diharapkan dapat membantu usaha masyarakat terdampak Covid-19 yaitu Program Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19.

Salah satu mahasiswa Universitas Jember yaitu Mochammad Taufiq Hidayat yang sedang melaksanakan kegiatan KKN BTV 3 UNEJ dari kelompok 10 dengan dosen pembimbing Dr. Nita Kuswardhani, S.TP.,M.Eng memberikan dampka positif terhadap salah satu usaha rengginang di Desa Tojo Temuguruh yang selama pandemi Covid-19 berlangsung, usaha rengginang tersebut mengalami kerugian akibat kurangnya konsumen pada saat itu.

Upaya yang dilakukan diawali dengan permohonan izin kepada pihak terkait untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata. setelah melakukan komunikasi dan diskusi bersama Kepala Desa yang menghasilkan persetujuan terhadap program kegiatan. Selanjutnya diskusi berlanjut dengan pihak sasaran atau pelaku usaha rengginang di Desa Temuguruh. Diskusi ini membahas megenai pemahaman terhadap permasalahan yang dihadapi hingga rencana program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan awal dilakukan dengan memberikan edukasi melalaui sosialisasi mengenai pelatihan pengembangan bisnis. Sosialisasi fokus kepada bagaimana pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya dengan melihat situasi dan kondisi pasar sasaran. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan sosialisasi dapat memberi pemahaman kepada pelaku usaha tentang apa yang diinginkan oleh pasar sasaran.

Selanjutnya pelaku usaha diberikan pendampingan mengenai inovasi produk dan kemasan produk untuk meningkatkan kreativitas dari pelaku usaha dalam mengembangkan produknya. Tahap ini dilakukan dengan memberikan pelatihan dan edukasi mengenai pembuatan logo atau identitas produk. Hal ini memberikan kesadaran pada pelaku usaha untuk meningkatkan kreativitas agar dapat menarik minat pelanggan.

Setelah itu, lanjut pada tahap pemasraan produk. Pada tahap ini pelaku usaha diberikan edukasi serta pelatihan mengenai pemasaran digital. Untuk saat ini pemasran digital sangat disarankan dengan kondisi pandemi yang masih belum selesai. Kemudahanan dalam pemasaran digital memberikan keuntungan kepada pelaku usaha seperti efisiensi biaya, kemudaha transaksi, serta jangkauan pasar yang sangat luas.

Terkait dengan program kerja pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village III di Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi ini, dapat dicermati pada : (1) Model Canvas Pelaksanaan KKN Back to Village III di Desa Temuguruh (2) Roadmap Program Kerja KKN Back to Village III di Desa Temuguruh (Mochammad Taufiq Hidayat/ Kelompok10/ Temuguruh-Sempu Kabupaten Banyuwangi/ Dr.Nita Kuswardhani, S.TP.,M.Eng).

Model Canvas Pelaksanaan KKN Back to Village III di Desa Temuguruh untuk UMKM Rengginang Ibu Asnantik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline