Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Taufik Al Aziz

Ilmu Komputer / Informatika UNDIP 2019

Waspada Dampak Negatif Gadget! Mahasiswa KKN UNDIP Sosialisasikan Bahaya Gadget bagi Anak

Diperbarui: 8 Februari 2023   23:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kabupaten Pekalongan (21/01/2023) - Pada era teknologi yang semakin berkembang, manusia tidak dapat dipisahkan dengan yang namanya gadget. Penggunaan gadget saat ini tidak hanya digunakan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Penggunaan gadget pada anak tak hanya memiliki dampak positif, tetapi juga banyak dampak negatifnya. Apalagi dengan kesibukan orang tua, menjadikan mereka lalai dalam mengawasi putra-putrinya saat bermain gadget. Hal ini bisa berbahaya karena tanpa adanya pengawasan, anak-anak bisa melihat hal yang seharusnya tidak boleh mereka lihat. Beragam dampak gadget, nyatanya dapat berpengaruh langsung pada mental dan perkembangan anak, hingga mereka beranjak dewasa.

Penggunaan gadget pada anak-anak perlu diatur durasinya yang disesuaikan dengan usia anak. Apabila tidak ada pembatasan waktu bermain gadget dikhawatirkan anak-anak akan terpengaruh dampak buruk dari gadget. Beberapa dampak buruk gadget diantaranya :

  • Gangguan penglihatan
  • Gangguan tidur
  • Cyberbullying
  • Kurang fokus
  • Minimnya interaksi sosial
  • Gangguan perilaku, dan
  • Kecanduan gadget

Dokpri

Guna menangani masalah tersebut, mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP 2023 melakukan sosialisasi tentang bahaya gadget pada anak. Sosialisasi tersebut telah terlaksana di SD Negeri 1 Donowangun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan pada sabtu (21/01/2023) bersama-sama dengan disampaikan materi lain, yaitu globalisasi serta bahaya cyberbullying. Sosialisasi ini diawali dengan penyampaian materi tentang bahaya gadget yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 5 dan 6. Antusias peserta peserta selama program terbilang cukup baik, dengan dibuktikan peserta mau menjawab apabila diberi pertanyaan. Pada akhir kegiatan acara sosialisasi juga diisi dengan mini games yang melibatkan seluruh peserta. Kemudian, sebagai bentuk keberlanjutan program, juga diserahkan poster yang ditempel pada mading sekolah, agar dapat dibaca oleh siswa-siswi lain.

Dokpri

Dengan diadakannya acara sosialisasi tersebut, besar harapan agak anak-anak bisa terhindar dari dampak buruk gadget. Dan bagi anak yang sudah terlanjur kecanduan gadget mampu mengurangi kecanduan tersebut dengan beberapa cara diantaranya :

  • Batasi penggunaan gadget
  • Melakukan aktivitas di luar rumah
  • Perbanyak bersosialisasi
  • Ganti gadget dengan buku
  • Belajar menyeimbangkan waktu

Penulis                             : Muhamad Taufik Al Aziz (24060119120024)

Program Studi              : Ilmu Komputer / Informatika Fakultas Sains dan Matematika

Dosen Pembimbing   : Heri Sugito, M.Sc.

                                              Nenik Woyanti., S.E., M.Si.

                                              Muhammad Iqbal Fauzan, S.P., M.Si.

Lokasi KKN                   : Desa Donowangun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline