Surabaya- Tim KKN-T 18 Surabaya Universitas Negeri Surabaya mengusung sejumlah proyek dalam rangka pengabdian masyarakat program KKN-T MBKM salah satunya yakni UMKM Bangkingan Goes to "3 Go!" (Go Maps, Go Sosmed, dan Go E-Commerce). Proyek ini merupakan salah satu sinergi yang dilakukan Tim KKN-T 18 Surabaya dengan para pelaku UMKM yang ada di kelurahan Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya dengan memberikan pengadaan dan sentuhan digitalisasi dalam branding dan marketing produk UMKM Bangkingan. "Salah satu potensi yang dapat dikembangkan di Kelurahan Bangkingan adalah UMKM masyarakat setempat, hal ini karena jumlah UMKM yang ada terbilang cukup banyak mulai dari yang resmi terdata maupun dalam proses pendataan" Ujar Bapak Indra selaku Lurah Bangkingan.
Proyek ini dilakukan secara door to door disetiap lokasi UMKM yang memenuhi kriteria yakni UMKM yang belum terdata dalam Maps, belum memiliki akun sosial media dan juga akun E-Commerce untuk kepentingan marketing produk-produk UMKM tersebut. Semula kegiatan yang rencananya dilakukan dengan konsep pelatihan terkendala dengan kesediaan waktu dari masyarakat pelaku UMKM setempat yang menjadi lingkup sasaran proyek ini. Koordinator UMKM, Bu Budi mengatakan "Minat pelaku UMKM terhadap kegiatan seperti seminar dan pelatihan masih belum cukup antusias mengingat kesibukan masing-masing selain menjalankan UMKM tersebut dan dinilai kurang efektif karena dikhawatirkan tidak tepat sasaran", Sehingga, konsep door to door diambil dan terbukti lebih efektif dirasakan langsung oleh warga yang tengah merintis maupun menjalankan UMKM-nya untuk dikembangkan secara pemasaran dan penjualan melalui Go Maps, Go Sosmed, dan Go E-Commerce.
Proyek ini dilaksanakan mulai dari tanggal 17 Mei 2022 hingga 09 Juni 2022 dengan diikuti kurang lebih 12 UMKM yang tersebar di wilayah Kelurahan Bangkingan Kecamatan Lakarsantri Kota Surabaya. Pada proyek ini tim KKN-T 18 Surabaya melakukan pelayanan pendaftaran Maps, Sosial Media (Instagram dan Facebook) dan E-Commerce (Shopeefood, shopee, Gofood). "Lumayan membingungkan untuk mendaftarkan usaha kita ke media seperti ini. Tapi, di zaman sekarang hal itu lumayan menjanjikan dan berpengaruh terhadap penjualan dan pendapatan para UMKM" ujar bu Asiyah pelaku UMKM makanan ringan dan kue. Dengan terlaksananya proyek tersebut tim KKN-T 18 Surabaya dapat mengenalkan sentuhan digitalisasi dalam branding dan juga marketing kepada UMKM Kelurahan Bangkingan sehingga produk-produk yang dihasilkan juga akan dikenal lebih luas ke mangsa digital untuk seluruh kalangan usia termasuk generasi milennial saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H