Avante merupakan salah satu model bus yang ada di Indonesia dan menjadi trend-setter dari salah satu karoseri yang ada di Malang, yakni Karoseri Tentrem. Karoseri yang dikenal sebagai salah satu karoseri yang cukup sukses dengan beragam varian model bodybuilder seperti Scorpion family, Max, dan yang terbaru adalah Avante yang dari awal kemunculannya hingga hari ini telah mendapatkan facelift untuk versi terbarunya. Namun kita tidak akan berbicara tentang model bus karoseri Tentrem yang sekarang beredar, melainkan kita akan menilik secara singkat bus Avante pertama yang ada si Indonesia, yakni Avante SHD milik PO Harapan Jaya.
Bus Avante SHD ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Berdiri di atas sasis Scania K360 iB dengan teknologi Opticruise Transmission yang menjadikan bus ini sebagai bus semi-automatic. Selain itu, bus ini memiliki panjang 12,5 meter dan lebar 2,5 meter dan tinggi 3,85 meter, dengan lampu yang terlihat "feminis" dan memiliki kesan elegan. Dengan tinggi bus yang memiliki kapasitas bagasi setinggi 130-140 cm, menjadikan bus ini bisa memuat barang yang cukup besar, bahkan motor sebesar Aerox (dengan dimensi 115 cm) pun dapat dimuat di dalam bus ini. Frame bagasi yang dipakai juga merupakan tipe space frame, yakni sebuah inovasi yang memungkinkan sebuah bus dapat memiliki kerangka bus yang dimana bagasi bus ini dapat tembus dari satu sisi ke sisi yang lainnya. Bus ini sempat menjadi daya tarik Bismania Indonesia dan juga bagi PO Harapan Jaya.
Pemilik pertama dari bus ini adalah PO Harapan Jaya, sebuah perusahaan otobus yang selalu menjadi yang pertama menggunakan model dari karoseri Tentrem family, misalnya Scorpion X, Scorpion, dan masih banyak lagi. Maka tak heran, bilamana setiap bus model terbaru dari karoseri Tentrem luncur, biasanya yang pertama kali menggunakan adalah PO Harapan Jaya. PO Harapan Jaya merilis bus ini untuk melayani AKAP Bogor-Jakarta-Blitar pada tanggal 12 November 2016, sebagai kelas Super Executive dengan konfigurasi seat 2-1 sebanyak 23 seat lengkap dengan fasilitas seperti bantal, selimut, dispenser. Terdapat satu fitur yang unik dari armada ini, yakni fasilitas telepon keluar gratis di dalam bus, sehingga mempermudah komunikasi pengguna jasa armada PO Harapan Jaya ini. Tak ganya itu, sebagaimana bus AKAP Jawa pada umumnya, bus ini juga mendapatkan servis makan 1x di daerah Gringsing.
Saat ini, bus tersebut masih aktif sebagai pelari AKAP lintas Jakarta-Jawa Timur seperti Blitar, Malang dan Surabaya. Namun, kelas bus ini yang tadinya Super Executive sekarang turun kasta ke kelas Executive. Meski demikian, kenyamanan sasis dan body bus ini masih terjaga hingga saat ini
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H