Lihat ke Halaman Asli

Belum Punya Minat dan Bakat, Bingung Melanjutkan di Mana?

Diperbarui: 6 Maret 2019   11:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: pngfly.com

Jangan salah pilih jurusan , ini cara menentukan jurusan sesuai minat dan bakat kalian. Memilih jurusan adalah kegalauan hakiki bagi para kelas akhir. Yang SD harus bingung melanjutkna ke SMP mana, Yang SMP bingung Melanjutkan ke SMA atau SMK, Yang SLTA bingung menentukna jurusan dan PT yang akan diarunginya. Akibat minim pengalaman, gak sedikit karena faktor kedekatan sama teman sekolah, kita malah jadi terpengaruh untuk mengikuti kemana mereka menjejakkan kaki mereka di bangku kuliah. 

Masa depan bukan ditentukan oleh faktor teman melainkan apa yang ada di dalam diri sendiri. Tapi gunakanlah peran seorang teman sebagai konsultan karena merekalah yang paling mengerti anda. Selain faktor teman adalah orang tua, terkadang ada seorang siswa ynag dituntut oleh orang tuanya untuk memilih jurusan sesuai cita ciita orang tuanya tapi banyak juga yang membebaskan anaknya untuk memilih jurusannya sendrir. Ini akan menjadi sebuah masalah jika kita berada di posisi pertama. Tanpa bermaksud tidak patuh kepada orang tua, tetapi jurusan yang kamu pilih adalah jalan yang harus kamu jalani sehingga keterlibatan dirimu juga sangat penting. Solusi terbaiknya adalah dengan mendiskusikan jauh-jauh hari kepada orang tuamu mengenai jurusan kuliah apa yang hendak kamu pilih. 

Kalau kita berada di posisi yang kedua, kita harus memaksimalkannya dengan berkonsultasi kepada guru bk tentang bakat dan minat kita karena 2 hal yang berkaitan ini akan sangat membantu dalam proses perjalan dijenjang yang selanjutnya yang lebih tinggi. Lalu, kenapa memilih jurusan kuliah harus berdasarkan minat dan bakat? Ini dia beberapa alasan yang mesti kamu tahu.

1. Minat akan membuatmu bersemangat menjalani perkuliahan;

2. Bakat akan memudahkan perkuuliahan dan memunculkan minat;

3. Minat dan bakat membuat nyaman dalam menjalani kuliah.

Dari alasan tersebut tentu kita harus mematangkan minat dan bakat kita, hal yang pertama kita harus konsultasi pada konsultan yang terpercaya yaitu seorag guru BK, apapun keluh dan yang kalian rasakan akan senantiasa di jawab step by step yang akan terjaga kerahasiaanya. Hal yang dapat kamu lakukan adalah 

1. Pastikan kamu memilikipengalaman atau prestasi dibidang yang kamu pilih

2. Hobi bisa menjadi petunjuk 

3. PIlih berdasar cita cita

Itulah beberapa hal seharusnya bisa membuka wawasan kita, bahwa memilih jurusan itu tidak hanya ikut-ikutan, apalagi asal-asalnya karena nantinya menyangkut masa depan. Sehingga beberapa pertimbangan, alasan, dan cara dalam menentukan pilihan jurusan kuliah di atas bisa berguna nantinya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline