Lihat ke Halaman Asli

Nayunda Intan

Mahasiswi

Terapkan Hidup Bersih dan Sehat, Mahasiswa PMM UMM Ciptakan Ember Cuci Tangan Portable

Diperbarui: 31 Agustus 2020   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyerahan Ember Cuci Tangan Portable Kepada Ketua RT/dokpri

Pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama dikala pandemi Covid-19 ini. Pentingnya kesadaran pribadi dengan tujuan untuk melindungi diri sendiri dan orang lain agar seluruh masyarakat terhindar dari masalah kesehatan.

Hal itulah yang mendasari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang sedang melaksanakan program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan menempatkan ember cuci tangan portable di titik-titik dimana banyak masyarakat yang berlalu lalang di tempat tersebut. 

Tidak hanya itu, para mahasiswa tersebut juga melakukan edukasi kepada masyarakat dengan membuat poster mengenai tata cara cuci tangan yang baik dan benar serta menempelkannya pada titik yang ditentukan. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mengantisipasi penyebaran virus corona dengan rajin mencuci tangan.  Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Tanjung Desa Banjararum RT 05 RW 11 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Jawa Timur, 30 Agustus 2020.

Salah satu anggota program PMM Nayunda Intan mengatakan perlu adanya fasilitas tempat cuci tangan agar masyarakat tidak lupa untuk selalu mencuci tangannya agar meminimalisir penularan virus corona ini.

"Virus Corona dapat menyebar melalui tangan karena kita selalu menyentuh sesuatu, maka diperlukan kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Oleh karena itu, kami menyediakan ember cuci tangan portable di tiap-tiap tempat yang sudah ditentukan," Katanya.

Para mahasiswa juga membuat poster edukasi mengenai tata cara cuci tangan berdasarkan anjuran dari WHO. Mereka juga memanfaatkan teknologi dengan membuat platform komunikasi agar para warga juga lebih melek terhadap perkembangan teknologi. 

Penempelan Poster di Masjid/dokpri

"Tidak hanya menyediakan ember cuci tangan, kami juga menempelkan poster edukasi mengenai tata cara cuci tangan yang baik dan benar serta kami membuat suatu platform komunikasi bagi warga setempat agar memudahkan koordinasi,"  Lanjutnya.

Ahmad Bey Yudi selaku ketua RT 05 Desa Banjararum turut menyampaikan apresiasinya kepada Mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan PMM ini. "Pembagian tempat cuci tangan dan sabun yang telah dilakukan adik-adik sangat bermanfaat sekali, harapan saya semoga terhindar dari covid-19 ini," ucapnya.

Kegiatan PMM ini beranggotakan Nayunda Intan, Melinda Suryani, Selvi Fingki, Ike Meilani, dan Aulia Nabila serta dibimbing oleh Tri Wahyu Oktavendi selaku Dosen Pembimbing Lapang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline