Lihat ke Halaman Asli

Daya Tarik Angklung...

Diperbarui: 25 Juni 2015   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Angklung adalah sejenis alat musik yang terbuat dari bahan bambu yang mempunyai suara dan irama yang khas. Angklung merupakan gabungan dari beberapa instrumen yang terdiri dari pipa bambu dengan ukuran yang berbeda-beda dan ditempatkan di suatu bingkai yang kecil dan diguncangkan untuk mengeluarkan bunyi.

Angklung sebagai alat musik tradisional Jawa Barat memiliki daya tarik bagi para wisatawan asing untuk belajar memainkannya seperti terlihat di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat. Pertunjukan angklung dan belajar bermain angklung yang terbuka untuk umum dan digelar setiap hari di tempat ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan seni tradisional angklung sebagai kebudayaan Indonesia.

Saung Angklung Udjo ini sudah terkenal sampai ke luar negeri. Kreatif sungguh sebuah perjalanan budaya lokal yang saat ini prestasinya tak hanya diakui Indonesia namun juga dunia Internasional.  Alunan angklung dengan simfoni lagu “we are the champion” dari Queen, terasa sangat indah.  Sungguh sebuah kebanggaan tersendiri bagi budaya lokal yang telah menempatkan wujud terbaiknya di tataran dunia.

untuk itu, mari kita melestarikan warisan budaya leluhur kita...... :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline