Lihat ke Halaman Asli

Mohammad Rasyid Ridha

Bukan siapa-siapa namun ingin berbuat apa-apa

Kata Orang, "Sukses Itu Minoritas"

Diperbarui: 19 Januari 2019   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi: SHUTTERSTOCK

Beberapa waktu lalu ketika berselancar di medsos saya menemukan status seorang teman yang menurut saya tidak biasa. Bunyi statusnya adalah "sukses itu minoritas". Entah mengapa dia membuat status seperti itu dan apa maknanya tidak sempat saya tanyakan padanya. 

Tapi kalau dari foto yang diunggah si teman tersebut, terlihat bahwa dia ingin menyampaikan bahwa tidak semua orang bahkan hanya sebagian kecil saja orang yang bisa mencapai sukses.

Iseng-iseng saya buka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) mencari definisi sukses. KBBI menyatakan bahwa definisi sukses adalah berhasil, beruntung. Jadi orang yang berhasil dalam mencapai suatu hal (tentu dengan parameter tertentu) bisa dikategorikan sebagai orang sukses. Memang tidak pernah dikatakan dalam undang-undang apalagi KBBI parameter kesuksesan seorang manusia itu harus seperti apa.

Contoh kesuksesan adalah saat ada 30 orang siswa dalam suatu kelas, maka peringkat 5 terbaik nilai akademik siswa adalah milik 5 siswa dengan nilai akademik teratas. Maka lima orang siswa tersebut bisa dikatakan siswa yang sukses dalam hal akademik dibanding 25 orang siswa lainnya sekaligus menjadi golongan minoritas karena jumlahnya lebih sedikit daripada 25 orang siswa lainnya.

Global Wealth Report yang dibuat oleh Credit Suisse's pernah menyatakan bahwa satu persen orang terkaya di Indonesia menguasai 49,3 persen kekayaan nasional. Jelas sekali bahwa satu persen orang terkaya ini merupakan minoritas dibandingkan dengan sembilan puluh sembilan persen sisanya. 

Foto Pribadi

Jadi parameter sukses saat ini diletakkan dalam hal seseorang mencapai lebih baik daripada orang lainnya dalam hal yang sama misalnya kekayaan, nilai akademik, pangkat, jabatan. 

Coba bayangkan bahwa semua orang Indonesia mempunyai harta rata-rata 1 triliyun rupiah, maka apakah bisa dibilang adakah orang yang sukses dalam hal kekayaan? Tentu jawabannya tidak, hal ini karena kekayaan yang dipunyai adalah sama kecuali dibandingkan dengan bangsa lain dimana kekayaan warganya rata-rata hanya 100 juta rupiah.

Adanya sukses itu karena adanya yang gagal atau tidak sukses. tsukses ini harus diletakkan sebagai perbandingan antara pencapaian yang satu dengan lainnya. Namun kembali lagi hal itu menurut parameter kesuksesan yang ingin kita capai. Misalnya sukses dalam hal harta maka kategorinya adalah kaya, adanya kaya karena adanya yang biasa dan miskin. Tentu saat ini yang menjadi kaum minoritas adalah yang kaya karena jumlahnya lebih sedikit.

Lha kalau sukses itu hanya diukur dari ukuran kekayaan dan kesuksesan pekerjaan di dunia maka apakah selamanya si miskin masuk kategori tidak sukses? Rasulullah Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Sungguh telah beruntung orang yang memeluk Islam, dikaruniai rezeki yang cukup dan Allh menjadikannya bersifat qanaah atas nikmat yang diberikan-Nya kepadanya." [HR. Muslim]

Jadi selama kita masih punya iman, merasa cukup akan rizki yang ada dan menerima dengan penuh keikhlasan akan nikmat yang diberikan Allah maka hal itu merupakan kategori sukses bagi seorang manusia. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline