Pontianak Merah total dari tadi malam wak, ente tak narek ke hari ini?
Penggalan percakapan itu mengawali kegelisahan saya sebagai driver online yang biasanya "merah" yang dimaksud adalah bentuk anugerah harapan orderan masuk, tapi lain hal yang terjadi sejak penggal 27 maret dini hari setelah pihak PT. Gojek Indonesia menurunkan hampir di seluruh wilayah cakupannya, tak elak kota Pontianak juga menjadi imbas dari keputusan sepihak tersebut.
MR Makkulawue salah satu kompolan POIN HUNTER (kkmplotan driver online Pontianak Mall) yang saat dikonfirmasi via whatsapp membeberkan kebenaran ihwal tersebut "kebetulan saya offbid hari ini dan menghormati aksi solidaritas teman teman pengemudi dan tentu saya mendukung penuh bentuk Protes tersebut".
Hingga saat ini memang dia belum mengetahui sebab terjadinya pemotongan insentif tersebut tp menurut beberapa analisis yg dibeberkan amar yakin bahwa ini dampak promosi yang di lakukan oleh PT GI yang mengakibatkan pemotongan insentif "tak faham persis saye ape sebabnye tp besak kemungkinan ini akibat gojek masang sponsor bola dg iklan do televisi, mane perusahaan maok rugi, make e kame yang dikorbankan" ujarnya sembari berkelakar.
aksi mogok massal ini disinyalir akan terus berlangsung hingga perubahan kebijakan oleh PT GI terkait insentif yang berhak didapatkan oleh driver dengan ketentuan tertentu "kame ne dikepong dengan berbagai macam atoran, setiap kame ngidopkan aplikasi artinye kame udah harus siap dan proffesional dengan konsekuensi yang terjadi, misalnye perfom harus diatas 60% teros rating penilaian pengguna pon aros tejage dengan baek, minimal benar 4.8 dari nilai paling tinggi 5.0, itupon belom selesai disitu karene kame haros bise nyekesaikan target poin yang udah ditentukan oleh PT GI, selap selap lah pokoknye".
Diketahui sejak bulan romadhon tahun lalu memang PT GI mulai beroperasi di wilayah kerja Kota Pontianak hingga saat ini dan menurut beberapa informasi baru kali ini PT GI benar benar menurunkan nilai insentif dan menaikkan target poin perjalanan "agak tak senonoh memang sih sekarang ni, padahal biasenye insentif bagos bagos ja, ade informasi beredar tapi belom pasti kebenarannye bahwa kmren perwakilan PT GI Pontianak sempat buat kesepakatan dengan beberape perwakilan driver untok menyepakati perubahan aturan yang ade hari ini, tapi yg jelas sekarang ni yang panen kompetitor PT GI lah" tambahnya sembari menyeruput kopi hitam andalan.
Diwilayah lain salah satu driver kompetitor PT GI (grab) yabg enggan disebutkan namanya membeberkan perubahan pendapatan setelah adanya mogok massal "alhamdulillah hari ini diluar dugaan dan tidak seperti biasanye, kemaren kemaren susah cari orderan tapi sekarang malah orderan banyak masok karene memang grab tak ade perubahan aturan insentif, hanya saja beberape waktu lalu sempat ada perubahan jam operasional insentif yang tadinya 24 jam dalam sehari jadi jam 9 pagi sampai jam 10 malam, kite disuroh sistem cukop istirahat, maklom kite kerje dijalan bang" tutupnya sembari tersenyum.
"harapan kami sebagai driver kompetitor PT GI semoga saja insentif teman teman driver gocar bisa kembali normal sehingga kerja mereka tidak seperti kerja rodi zaman penjajahan, kasian kawan kawan yang sudah terlanjur kredit mobil, setiap orang pun punya kebutuhan yang bebede, apalagi mogok massal ini berimbas kepada kenyamanan pelanggan setia taxi online" tambah pria sintal berkaca mata tersebut yang setia dengan jam malamnya.
Pontianak, 27 Maret penghujung hari
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H