Lihat ke Halaman Asli

Tips-tips Umum dalam Melakukan Perjalanan Ibadah Haji

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba juga.

Setelah mendaftar sekian tahun yang lalu dan menunggu dengan harap-harap cemas, akhirnya keluar juga nama saudara diantara berjuta-juta saudara-saudara kita yang masih menunggu. Dan saudara telah terpilih  menjadi calon haji dan tamu Allah yang akan berangkat tahun ini.

Bagi nama-nama yang keluar tentu bersuka cita, karena cita-citanya "setengah terkabul"..lho..kenapa baru setengah..yaa yang setengah lagi..kalau setelah sampai di tanah suci diberi kesehatan dan dapat menyelesaikan rute-rute haji tanpa halangan serta kembali ke tanah air dalam keadaan selamat sehat wal afiat serta mendapat haji mabrur, baru itu cita-citanya telah terkabul 100% dan sesampainya di tanah air perlu syukuran ditambah introspeksi kelemahan apa yang perlu diperbaiki untuk waktu kedepan bukan malah menjadi haji tomat, pergi tobat pulang kumat.

Berbagai aktivitas mulai dilaksanakan dari penyelesaian administrasi dan pelunasan sisa biaya haji yang terhutang sampai dengan melakukan penyelesaian manasik haji.

Untuk sekedar menambah informasi bagi yang berkesempatan untuk berangkat ke tanah suci, berikut  ada beberapa tip-tip yang mudah-mudahan dapat membantu agar ibadah haji dapat terlaksana dengan baik tanpa mengurangi ke khusu'an disana.

Persiapkan keberangkatan :

1. Baca dan perdalami lagi buku tentang ibadah haji, jangan cukup puas dengan informasi yang diperoleh dari bimbingan haji atau dari manasik haji saja.

2. Buku panduan Haji dari Departemen Agama  dibaca seluruhnya  sebelum berangkat, pada bulan puasa lebih tepat untuk mendalami buku tersebut, do'a-do'a mana yang dapat dihafal lebih baik dihafalkan, jangan baru dibaca setelah sampai di tanah suci.

3. Hal-hal yang masih menjadi pertanyaan atau meragukan tentang pelaksanaan ibadah haji sedapat mungkin didapatkan jawabannya sebelum berangkat ketanah suci, jangan dipendam dan baru ditanyakan setelah di tanah suci, akan banyak mengalami kebingungan dan banyak silang pendapat.

4. Ingat... di tanah suci pembimbing haji tidak setiap saat akan menemani anda, pembimbing haji menemani pada saat waktu-waktu tertentu saja, jadi waktu selebihnya adalah terserah aktivitas yang saudara rencanakan sendiri.

5. Sebelum keberangkatan perbanyak sholat taubat, tahajud, dhuha serta sholat sunat lainnya dan minta mohon agar segala dosa dan aib yang dimiliki ditutup dan diampunkan disana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline