Lihat ke Halaman Asli

Nasib Para Petani Kopi Lampung Barat

Diperbarui: 31 Agustus 2018   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kebun tebu lampung barat, akankah pemerintah akan ikut bercampur tangan untuk mengatasi gagalnya panen kopi untuk yang kesekian kalinya? kita tidak mengetahui hal demikian hal tersebut adalah haknya pemerintah hehe, tetapi melihat pergerakan dari kepala daerah kami yang baru ini sepertinya beliau selalu mengingatkan dan selalu memberi imbauan dan selalu meberikan event-event tertentu khususnya tentang kopi kepada para petani kopi seperti selogannnya beliau yaitu Indonesia Negeriku Lampung Barat Kopiku dan beliau bermimpi bahwasannya akan mendirikan institut kopi.

Seperti yang sering dikatakan bahwasanya penduk lampung barat itu adalah mayoritas petani khususnya petani kopi dan melihat perkembangan para petani kopi beberapa tahun terahir ini sangat mengharukan karena minus-minus dari tahun sebelumnya yang mana di tahun 2017 petani mengalami gagalnya panen, yang mana sangatlah kurang dari tahun sebelumnya. 

Tetapi para petani kopi selalu bermimpi kuat dan selalu berpikir positif untuk kedepannya dan tak lupa mereka selalu berdoa bersujud kepada yang maha kuasa bahwasnya ditahun selanjutnya akan diberikan yang lebih dari tahun ini.

Namun pasalnya di tahun ini 2018 para petani sangat kecewa atas panennya yang mana bertubi-tubi kegagalan panen yang dirasakan dan harga kopi pun sangatlah dikatakan minus sekali dan demikian para petani kopi tidak selalu menyerah dan inginnya pemerintah harus selalu mendampingi dan selalu berikut campur untuk kemajuan para petani.

Melihat perkembangan dari tahun ketahun kami ingin bahwasanya pemerintah pusat daerah dan sebagainya harus melihat atau selalu memberikan pengarahan yang lebih kepada para petani atas dasar untuk memberikan kemajuan kesejahtraan bagi para petani khususnya petani kopi.

Karena melihat perekonomian tahun ke tahun sepertinya sangat sulit dan kita selalu berdoan bahwasanya tidak akan terjadi lagi yang namanya krisis moneter seperti tahun-tahun sebelumnya.

Nasib para petani kopi disini adalah nasib mereka tetapi pemerintah harus merubah itu pemerintah harus meberikan keadilan sosial bagi bagi seluruh rakyat Indonesia.

SALAM PECINTA KOPI :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline