Lihat ke Halaman Asli

Ahmad Irfan

dipanggil Bang Ir

Tips Mendapatkan 10 Kg Berharga

Diperbarui: 28 Desember 2018   12:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumus Perhitungan BMI Sumber : detik.com


Punya berat tubuh yang normal/ideal adalah dambaan setiap manusia, tak terkecuali Aku. Kata mamak sewawktu masih balita tubuh aku begitu sangat montok, itu terlihat di album foto yang masih tersimpan. Ketika duduk dibangku SMP berat tubuh aku mulai terlihat kurus mungkin dikarenakan tubuh semakin tumbuh keatas. Keluarga kami memiliki tubuh rata-rata diatas 170 cm dengan berat badan rata-rata kategori kurus.

Aku mempunyai tinggi badan 173 cm dengan berat badan 53 kg ditahun kemarin tepatnya Desember 2017. Beberapa temanku memberi gelar jangkung, belalang atau apalah yang berkaitan dengan kurusnya tubuhku yang membuat aku merasa sedikit minder. Apalagi ditahun 2016 Aku pernah gagal masuk  ke salah satu perusahaan BUMN dibagian tes kesehatan hanya gara-gara kurang 8 kg, OMG. 

Semenjak itu Aku memperhatikan berat tubuhku dengan membeli beberapa susu penambah berat badan, penambah nafsu makan dan lain-lainnya dan itu juga sia-sia belaka. Menurut perhitungan berat tubuh ideal menggunakan rumus BMI (Body Mass Index) berat tubuhku memang masih dikategori kurus.

Kurus < 18,5

Normal 18,5 - 24,9

Overweight 25 - 29,9

Obesitas >30

Perhitungan Berat Tubuh Desember 2017 : 

BMI = 53/2,99 = 17,70

Berawal dari curhatanku ke temanku yang dulunya memiliki tubuh yang sama kurusnya, Aku mulai mencoba mengikuti anjurannya agar  memiliki berat tubuh normal/ideal juga. Dan Alhamdulillah, setahun berselang tepat di Desember 2018 Aku sudah masuk ke kategori Normal/ideal dengan berat badan 63 kg. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline