Lihat ke Halaman Asli

Masa Taaruf Siswa Madrasah; Bela Negara dan PBB Dasar

Diperbarui: 17 Juli 2024   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Hari terakhir, Rabu 17 Juli 2024, Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) di MTsN 1 Bandar Lampung dimulai dengan penuh semangat dan khidmat. Pagi itu, seluruh siswa berkumpul di aula madrasah untuk melaksanakan shalat dhuha bersama. Bapak Ustad Ahmad Sapar bertindak sebagai imam, memimpin shalat dengan suara yang merdu dan penuh kekhusyukan, memberikan suasana yang tenang dan damai bagi para siswa.

Setelah shalat dhuha, kegiatan dilanjutkan dengan sesi bela negara yang dimulai pukul 08.30 WIB. Materi bela negara disampaikan oleh narasumber yang berpengalaman, memberikan pemahaman tentang pentingnya cinta tanah air dan kewajiban sebagai warga negara yang baik. Siswa mengikuti materi dengan antusias, mencatat poin-poin penting dan berpartisipasi aktif dalam diskusi.

Tepat pukul 10.00 WIB, kegiatan dihentikan sejenak untuk istirahat. Siswa memanfaatkan waktu istirahat ini untuk menikmati makanan ringan yang telah disediakan serta berbincang-bincang dengan teman-teman baru mereka. Setelah istirahat yang cukup, kegiatan dilanjutkan pada pukul 10.30 WIB dengan sesi Pelatihan Baris-Berbaris (PBB) dasar. Kegiatan berlangsung di dua tempat, peserta putri di  aula, sedangkan peserta putra di halaman gedung baru. 


Materi PBB dasar diberikan oleh anggota Brimob Lampung yang telah memiliki banyak pengalaman dalam pelatihan disiplin dan keterampilan baris-berbaris. Siswa belajar berbagai gerakan dasar baris-berbaris, seperti sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, dan jalan di tempat. Mereka juga mendapatkan materi periksa barisan, dimana mereka melakukan gerakan serempak yang memicu tepuk tangan meriah dari para pihak yang hadir. Mereka mengikuti setiap instruksi dengan penuh perhatian dan disiplin, mencerminkan semangat dan tekad untuk menjadi siswa yang berprestasi dan berkarakter.

Dengan selesainya sesi PBB dasar, seluruh rangkaian kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah MTsN 1 Bandar Lampung beristirahat dilanjutkan dengan shalat dhuhur berjamaah. Sebelum pulang mereka menyaksikan demo ektra kurikuler drumband, hadrah dan marawis. 

Diharapkan nantinya para siswa pulang dengan membawa banyak ilmu dan pengalaman baru yang akan menjadi bekal berharga dalam perjalanan pendidikan mereka di madrasah ini. Masa Taaruf ini tidak hanya memberikan wawasan dan keterampilan baru, tetapi juga mempererat tali silaturahmi di antara siswa baru dan seluruh warga madrasah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline