Lihat ke Halaman Asli

Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kota Bandar Lampung

Diperbarui: 24 Mei 2024   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Kemarin, Kamis, 23 Mei 2024 - Memasuki hari kedua Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kota Bandar Lampung, acara utama yang ditunggu-tunggu yaitu Wisuda Akbar Santri TPQ se-Kota Bandar Lampung berlangsung dengan khidmat. Sebanyak 300 santri dari seluruh kecamatan di Bandar Lampung menghadiri acara wisuda yang diadakan di Masjid Al Furqon.

Acara dimulai dengan sambutan dari berbagai tokoh, salah satunya adalah Bapak Seraden Nihan, diikuti dengan doa bersama. Setelah itu, diumumkan penyerahan hadiah, piala, dan sertifikat kepada para pemenang lomba yang telah diadakan sebelumnya. Penyerahan hadiah dilakukan oleh beberapa tokoh yang hadir juga panitia.

Dokumen Pribadi

Prosesi wisuda dimulai dengan pemanggilan nama-nama santri yang telah mengenakan pakaian ceremonial wisuda. Bapak Faizil Kusuma memanggil satu persatu peserta untuk naik ke panggung. Para santri kemudian bersalaman dengan Bapak Ustad Sholeh Ismail, yang juga memindahkan tali pada topi wisuda mereka dari kiri ke kanan. Setelah bersalaman dengan segenap panitia, para santri menerima map berisi sertifikat wisuda yang ditandatangani oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, yang akrab disapa Bunda Eva. Mereka kemudian kembali ke tempat duduk masing-masing.

Dokumen Pribadi

Salah satu pendamping peserta, Deni, yang merupakan pengurus Masjid Al Hikmah, TPA Darul Ulum Labuhan Ratu, mengirimkan empat orang santrinya dari total 25 santri yang terdaftar di TPA tersebut. Deni mengungkapkan bahwa ini bukan pertama kalinya mereka berpartisipasi, sebelumnya mereka pernah ikut pada tahun 2000. TPA Darul Ulum sendiri telah berdiri sejak tahun 2006.

Dokumen Pribadi

Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) dan Wisuda Akbar Santri TPQ se-Kota Bandar Lampung angkatan IX tahun 2024 ini diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur'an (FKPQ) Bandar Lampung pada 22-23 Mei 2024 di Masjid Al Furqon. Acara FASI ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana, pada Rabu, 22 Mei 2024. Dalam sambutannya, Bunda Eva menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Islami pada anak-anak serta meningkatkan kecintaan mereka terhadap Alquran.

Dokumen Pribadi

"Harapannya, anak-anak akan semakin kuat dalam agamanya, sehingga di manapun mereka berada, Insya Allah selalu kuat dan menjadi anak yang soleh," ungkap Bunda Eva.

Makmur, Penasehat FKPQ sekaligus Kepala Kemenag Bandar Lampung, menjelaskan bahwa kegiatan tahunan ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Taman Pendidikan Alquran. "Perlombaan FASI ini diikuti oleh sekitar 400 peserta anak-anak TPQ dari seluruh Kota Bandar Lampung," ujarnya.

Dokumen Pribadi

Makmur menambahkan bahwa berbagai lomba digelar dalam FASI IX tahun ini, termasuk lomba mewarnai, lomba adzan, lomba membaca Alquran (Tahfidz), shalat berjamaah, dan lain-lain. "Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk menciptakan generasi Qurani, generasi yang mencintai Alquran dan generasi yang berkualitas dengan akhlak mulia," terangnya.

Sementara itu, Ketua FKPQ Hi. Syaparudin melalui Ketua Pelaksana Kegiatan, M. Maryoto, mengatakan bahwa kegiatan FASI dan Wisuda Akbar Santri TPQ Angkatan IX Tahun 2024 mengangkat tema "Bersama FKPQ Bersinergi Mewujudkan Kemilau Generasi Qurani di Bumi Bandar Lampung."

"Kegiatan FASI dan Wisuda Akbar angkatan IX tahun 2024 ini dibiayai oleh Wali Kota Bandar Lampung melalui Dinas Kesbangpol Bandar Lampung," tutupnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline