Lihat ke Halaman Asli

KKM Ketindan 102

Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Mendukung Pemberdayaan dalam Rangka Kegiatan Pelatihan Penerbitan NIB SPP-IRT dan Sertifikat Halal

Diperbarui: 3 Januari 2023   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pada hari senin pertepatan tanggal 02 Januari 2023 pada pukul 09.00 yang diselenggarakan oleh kelompok KKM 101 & 102 berkerja sama dengan Lembaga Latihan Kerja Juang Mandiri di desa ketidan yang diikuti oleh anggota kelompok 101,102 dan perwakilan KKM dari desa lain.

Narasumber yang mengisi pada acara ini ialah Ir. Tri Winarni dari pihak Lembaga latihan kerja juang mandiri materi yang disampaikan antara lain mengenai pengertian UMKM, tujuan, langkah-langkah, persyaratan, manfaat penerbitan nomor induk berusaha, lalu dilanjutkan oleh Mas Ardiansyah tatacara pembuatan Nomor induk berusaha melalui website OSS.go.id

Mengapa setiap UMKM harus mempunyai NIB? Tujuan pelatihan penerbitan nomor induk berusaha ialah membantu UMKM di desa ketindan untuk melegalitaskan penerbitan nomor induk berusaha, sebagai tanda pengenal bagi pelaku usaha entah dalam perseorangan maupun non perseorangan sehingga dengan memiliki nomor induk berusaha pelaku usaha di desa ketindan dapat mengajukan izin usaha dan operasional berusaha, Penerbitan NIB ini untuk produk makanan dan non pangan, Persyaratan pembuatan nomor induk berusaha cukup mudah yaitu dengan identitas KTP pemilik usaha tersebut.

Dilanjutkan tata cara pembuatan nomor induk berusaha yang di arahkan oleh Mas Ardiansyah pada seluruh mahasiswa KKM UIN Malang yang mengikuti pelatihan di balai desa ketindan dan masing-masing mahasiswa atau peserta yang hadir menyiapkan KTP untuk pelatian sementara penerbitan nomor induk berusaha sebagai sampel agar mahasiswa memiliki bekal untuk terjun langsung pada masyarakat, lalu membuka website OSS guna mendaftar nomor induk berusaha, mengisi email atau nomor HP yang aktif dan mengisi data-data dalam website OSS.

Pada pelatihan penerbitan nomor induk berusaha yang di narasumber oleh Ir. Tri Winarni ini mahasiswa dan peserta KKM di desa ketindan ini masih banyak pelaku usaha yang belum mempunyai NIB maka pada pelatihan kali ini para mahasiswa di tugaskan untuk mencari dan mendata pelaku yang belum mempunyai NIB, Setiap mahasiswa atau peserta yang hadir pada cara pelatihan mencari tiga pelaku usaha untuk di didaftar nomor induk berusaha.  untuk rencana pelatihan kedepannya akan ada pelatihan penerbitan SPP-IRT dan Sertifikasi halal. 

Acara pelatihan ini berjalan dengan lancar begitupun partisipasi dari peserta acara ini cukup antusias dalam membantu penerbitan nomor induk berusaha UMKM di desa ketindan. Acara ini selesai pada pukul 13.30 yang ditutup dengan sesi foto bersama narasumber dan seluruh peserta yang hadir di acara pelatihan ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline