Lihat ke Halaman Asli

5 Alasan Mengapa Anda Harus ke Vietnam

Diperbarui: 13 April 2016   14:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Pahlawan Nasional Vietnam, Ho Chi Minh. Sumber: Dok pribadi"][/caption]Jika merajuk pada destinasi wisata di Asia Tenggara, mayoritas para pelancong dari Indonesia pasti taunya Thailand. Sekitar 448.748 turis Indonesia tercatat melancong ke negeri gajah putih tersebut hanya pada tahun 2012. Sedangkan Vietnam? masih terasa asing pastinya karena tidak banyak pelancong Indonesia memutuskan Vietnam sebagai destinasi liburan. Padahal potensi wisata Vietnam tidaklah kalah dengan Thailand. Peninggalan penjajahan dari Prancis, perang Vietnam, maupun keindahan alamnya membuat Vietnam sangat berbeda dengan negara Asia Tenggara lainnya. Berikut adalah lima alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan Vietnam sebagai destinasi liburan Anda.

Artikel ini berdasarkan pengalaman penulis menghadiri konferensi sekaligus berlibur selama satu minggu di Ho Chi Minh, Vietnam.

1. Murah

Oke, kenapa murah ini saya tempatkan di nomor satu? Simpel saja, orang Indonesia memang sangat konsumtif dalam berbelanja atau dalam apapun. Kalau diskon, langsung suka. Apalagi kalau dari sananya harganya memang murah? Waduh, bisa ludes dagangan orang, hehehe. Untuk catatan, 1 USD itu setara dengan 22.260 Vietnam Dong (Kurs berlaku saat artikel ini ditulis). Anda akan menjumpai mayoritas makanan di restoran hanyalah berkisar 40.000-100.000 VND. Kalau makan ala street food, wah bisa lebih jatuh lagi harganya. Bagi Anda pecinta kuliner seperti saya, Anda bisa makan dengan sepuasnya tanpa khawatir kantong jebol terlalu dalam. Bagi Anda yang suka shopping, pulang-pulang bisa beli koper lagi lho. Tips: tukar dulu rupiah Anda ke USD sebelum Anda tukarkan lagi USD Anda menjadi dong begitu Anda di Vietnam.

2. Ramah

Orang Vietnam jika Anda perhatikan mungkin terlihat galak. Wajahnya terkesan dingin, serta nada bicaranya tinggi. Tapi, jangan judge kayak gitu dulu. Begitu Anda sudah berkenalan dan ngobrol bersama orang Vietnam, ramah tamahnya mereka akan langsung terlihat. Mereka sangat suka bersosialisasi. Bagi orang Vietnam, mereka tidak suka makan atau berpergian sendiri. Mereka juga sangat suka memiliki teman baru. Saya sendiri juga telah mendapatkan beberapa teman Vietnam yang sangat baik dan ramah. Mereka bersedia mengantarkan saya untuk mencari hidangan yang enak namun hanya sedikit turis yang mengetahuinya. Ada pula yang diam-diam rupanya mengambil foto ketika saya di tempat wisata dan kemudia dia membagikan fotonya melalui Facebook.

[caption caption="Berfoto bersama murid sekolah. Mereka sangat ramah dan humoris. Sumber: Dok pribadi"]

[/caption]3. Bersejarah

Bagi Anda yang menyukai bangunan antik, cerita sejarah, maupun perang, Vietnam menawarkan semuanya. Banyak sekali gedung-gedung tinggi menjulang seperti kantor pos, katedral, ataupun balai kota yang kontruksinya mengundang decak kagum. Itu semua merupakan peninggalan masa penjajahan Prancis. Tidak hanya bangunan, bahasa dan makanan pun juga dipengaruhi Prancis. Anda akan sangat sering menjumpai varian roti yang dijajakan seperti baguette untuk sarapan merupakan salah satu peninggalannya. Setelah puas menikmati peninggalan Prancis, Anda bisa merasakan juga peninggalan kelam dari Amerika Serikat. Lebih dikenal sebagai perang Vietnam, perang ini meninggalakan duka yang begitu dalam bagi masyarakat Vietnam. Anda bisa mengunjungi War Remnants Museum atau Independen palace yang terdapat di Ho Chi Minh untuk melihat sendiri dan mempelajari akibat dari perang tersebut. Banyak pula peninggalan kendaraan perang seperti tank atau jet tempur yang dipamerkan di tempat tersebut.

[caption caption="Penulis mencoba memasuki lubang persembunyian tentara Vietnam selama perang dengan Amerika. Lokasi di Cu Chi Tunnels. Sumber: Dok pribadi."]

[/caption]4. Alam

Ada dua tempat yang saya sangat rekomendasikan untuk didatangi karena pemandangannya sangat jarang ditemui di tanah air. Yang pertama adalah Ha Long Bay, di sini Anda bisa berlayar menikmati pemandangan luar biasa pulau-pulau kecil di tengah lautan. Yang kedua adalah Phong Nha-Ke Bang National Park, Anda disini bisa menyaksikan bagaimana indahnya gua yang telah terbentuk lebih dari 400 juta tahun yang lalu. UNESCO telah mengakui kedua situs ini sebagai situs warisan dunia. Untuk menikmati pemandangan ini, Anda harus ke bagian utara Vietnam, sekitar Hanoi. Karena menurut saya dengan kata-kata saja tidak cukup menjelaskan kedua situs ini, biarkanlah gambar yang berbicara.

[caption caption="Keindahan panorama Ha Long Bay. Sumber: goldencyclohotel.com"]

[/caption]
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline